Page 391 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 391

352     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                 b.    Proposisi Nilai (Value Proposition)
                       Proposisi nilai adalah sekumpulan produk atau jasa
                 yang diciptakan memiliki nilai untuk segmen konsumen yang
                 spesifik (Pölling et al., 2017). Proposisi nilai menjelaskan mengenai
                 penawaran produk atau jasa yang memiliki keunggulan lebih atau
                 nilai yang akan diberikan kepada konsumen baik yang bersifat
                 kuantitatif  (harga  dan  efisiensi)  dan  kualitatif  (pengalaman
                 konsumen) (Solihah, Hubeis, & Maulana, 2014). Proposisi nilai
                 memiliki tiga komponen yang terdiri atas  product and services,
                 pain relievers  dan gain creators  (Rifa’i, 2022). Terdapat sebelas
                 jenis komponen yang mempengaruhi proses penciptaan nilai pada
                 suatu produk/jasa yang terdiri atas kebaharuan, kinerja,
                 penyesuaian, penyelesaian pekerjaan, desain, brand, harga,
                 pengurangan biaya, pengurangan risiko, kemudahan mengakses,
                 dan kenyamanan.
                       Proposisi nilai yang ditawarkan pada pemasaran digital
                 untuk produk perikanan adalah produk, jasa layanan, desain,
                 harga yang kompetitif, dan kemudahan akses. Produk perikanan di
                 Indonesia memiliki berbagai macam jenis dan keunggulan. Produk
                 perikanan di Indonesia terdiri atas produk hidup, produk segar,
                 produk beku, produk kaleng, produk kering, produk asin kering,
                 produk asap, produk fermentasi, dan produk masak. Variasi nilai
                 produk perikanan yang tinggi dan manfaat dari konsumsi produk
                 perikanan merupakan proposisi nilai yang sangat penting dalam
                 pemasaran digital produk perikanan.
                       Jasa  layanan pada  aplikasi  digital  pemasaran  produk
                 perikanan merupakan hal yang utama pada pengembangan
                 model bisnis yang memanfaatkan aplikasi digital. Menurut
                 Hutamy, et al. (2021), bisnis online memberikan berbagai jenis
                 layanan untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen melalui
                 berbagai pilihan produk yang bervariasi, fitur pre order, free ongkir,
                 garansi retur  barang, kecepatan perusahaan  dalam merespon
                 pemesanan serta kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan
                 dalam berbelanja.
   386   387   388   389   390   391   392   393   394   395   396