Page 391 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 391
352 Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Terbuka (2023)
b. Proposisi Nilai (Value Proposition)
Proposisi nilai adalah sekumpulan produk atau jasa
yang diciptakan memiliki nilai untuk segmen konsumen yang
spesifik (Pölling et al., 2017). Proposisi nilai menjelaskan mengenai
penawaran produk atau jasa yang memiliki keunggulan lebih atau
nilai yang akan diberikan kepada konsumen baik yang bersifat
kuantitatif (harga dan efisiensi) dan kualitatif (pengalaman
konsumen) (Solihah, Hubeis, & Maulana, 2014). Proposisi nilai
memiliki tiga komponen yang terdiri atas product and services,
pain relievers dan gain creators (Rifa’i, 2022). Terdapat sebelas
jenis komponen yang mempengaruhi proses penciptaan nilai pada
suatu produk/jasa yang terdiri atas kebaharuan, kinerja,
penyesuaian, penyelesaian pekerjaan, desain, brand, harga,
pengurangan biaya, pengurangan risiko, kemudahan mengakses,
dan kenyamanan.
Proposisi nilai yang ditawarkan pada pemasaran digital
untuk produk perikanan adalah produk, jasa layanan, desain,
harga yang kompetitif, dan kemudahan akses. Produk perikanan di
Indonesia memiliki berbagai macam jenis dan keunggulan. Produk
perikanan di Indonesia terdiri atas produk hidup, produk segar,
produk beku, produk kaleng, produk kering, produk asin kering,
produk asap, produk fermentasi, dan produk masak. Variasi nilai
produk perikanan yang tinggi dan manfaat dari konsumsi produk
perikanan merupakan proposisi nilai yang sangat penting dalam
pemasaran digital produk perikanan.
Jasa layanan pada aplikasi digital pemasaran produk
perikanan merupakan hal yang utama pada pengembangan
model bisnis yang memanfaatkan aplikasi digital. Menurut
Hutamy, et al. (2021), bisnis online memberikan berbagai jenis
layanan untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen melalui
berbagai pilihan produk yang bervariasi, fitur pre order, free ongkir,
garansi retur barang, kecepatan perusahaan dalam merespon
pemesanan serta kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan
dalam berbelanja.