Page 387 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 387

348     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                       Salah satu model bisnis yang dapat digunakan adalah
                 kanvas model bisnis. Model bisnis ini memberikan gambaran
                 umum tentang struktur organisasi, mulai dari segmen pelanggan,
                 proposisi nilai, saluran, segmen pelanggan, aliran pendapatan,
                 sumber daya utama, fungsi utama, kemitraan utama, dan struktur
                 biaya (Gambar 2). Sembilan komponen tersebut merupakan
                 bagian   penting  bagaimana  sebuah  perusahaan  dapat
                 menciptakan inovasi produk atau jasa dalam hal konsumen,
                 hubungan pelanggan, manajemen dan infrastruktur keuangan.
                 Osterwalder dan Pigneur (2010) menemukan bahwa model bisnis
                 menggambarkan bagaimana sebuah organisasi secara rasional
                 menciptakan, memberikan dan menangkap nilai. Template
                 model bisnis (Gambar 3) yang dikembangkan oleh Osterwalder
                 & Pigneur (2010) terus dikembangkan sesuai kebutuhan, misalnya
                 Lean  Canvas  yang  menekankan  masalah  dan  solusi.  Bisnis  yang
                 menekankan  unsur  berkelanjutan  memperhitungkan  efisiensi
                 ekonomi, lingkungan dan sosial dapat menggunakan Flourishing
                 Business Canvas (Upward, 2016) dan Triple Layered Business Model
                 Canvas (TLBMC) yang dikembangkan oleh Joyce dan Paquin (2016).




















                        Sumber: Osterwalder & Pigneur, 2010

                                Gambar 3. Kanvas Model Bisnis
   382   383   384   385   386   387   388   389   390   391   392