Page 388 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 388

Trends in Science and Technology   349
                                                   for Sustainable Living



                PEMBAHASAN

                     Permintaan produk perikanan semakin meningkat seiring
                dengan pertumbuhan jumlah penduduk dunia (Rowan, 2023).
                Tantangan yang dihadapi  oleh para pelaku  usaha dengan  skala
                kecil adalah permasalahan modal, keterbatasan akses informasi
                dan pemasaran produk. Para produsen perikanan dihadapkan
                pada rendahnya harga produk perikanan dan keterlibatan
                tengkulak yang memaksa untuk menjual produk dengan harga
                relatif rendah. Hal ini berdampak pada margin keuntungan dan
                kesejahteraan produsen perikanan yang relatif kecil.
                     Pertumbuhan  internet  dan  meningkatnya  literasi  digital
                masyarakat memberikan peluang dalam menerapkan pemasaran
                digital (digital marketing) di berbagai sektor, tak terkecuali di
                sektor perikanan. Pemasaran  digital merupakan aktivitas secara
                menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh pelaku usaha
                perikanan dengan memanfaatkan media digital dan internet
                dengan tujuan untuk menjangkau calon konsumen. Pemasaran
                digital mengalami perkembangan yang semakin pesat dan
                dianggap sebagai metode pelaksanaan pemasaran produk yang
                efektif  dan  efisien.  Jangkauan  pemasaran  digital  sangat  luas
                melalui berbagai platform digital dan media sosial.
                     Pemasaran digital mampu mendorong peningkatan
                pendapatan produsen perikanan. Pemasaran digital membantu
                produsen perikanan dalam menentukan harga produk yang
                dihasilkan, memperluas target pasar, mendapatkan harga yang
                lebih tinggi serta mengoptimalkan keuntungan. Keunggulan
                penerapan konsep pemasaran digital tidak hanya dirasakan oleh
                produsen namun juga oleh konsumen. Konsumen akan secara
                efektif  dan  efisien  dapat  memilih  produk  perikanan,  baik  dalam
                bentuk ikan segar maupun olahan perikanan. Konsumen memiliki
                kebebasan dalam memilih produk perikanan berdasarkan kualitas,
                jenis dan harga. Konsumen mendapatkan kemudahan dalam
                akses pembelian dan pengiriman produk.
   383   384   385   386   387   388   389   390   391   392   393