Page 390 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 390

Trends in Science and Technology   351
                                                   for Sustainable Living


                pelaku usaha pada sistem bisnis perikanan. Sistem bisnis perikanan
                merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang berhubungan
                dengan  pengelolaan  dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan
                lingkungannya  (Nurhayati,  2021). Sistem bisnis perikanan dimulai
                dari  produksi  sampai  dengan  produk  diterima  oleh konsumen.
                Pelaku usaha pada sistem bisnis perikanan adalah pembudidaya
                ikan, nelayan, pengolah produk perikanan, pemasar, dan konsumen
                produk perikanan. Pelaku usaha perikanan di Indonesia sebesar
                1.449.681 orang (satudata.kkp.go.id, 2022). Rincian pelaku usaha
                perikanan di Indonesia disajikan pada Tabel 1.

                    Tabel 1. Pelaku Usaha Perikanan di Indonesia Tahun 2022

                 No    Jenis Pelaku Usaha  Jumlah (Orang)  Persentase (%)
                 1  Nelayan                      941.675         64,96
                 2  Pemasar Antar Pelabuhan        3.127          0,22
                 3  Pemasar Ikan                  38.627          2,66
                 4  Pembudidaya ikan             398.892          27,52
                 5  Pengolah Ikan                 53.904          3,72
                 6  Petambak Garam                13.456          0,93
                         Jumlah                 1.449.681        100,00
                Sumber: satudata.kkp.go.id, 2022 (diolah)

                     Berdasarkan Tabel 1, pelaku usaha perikanan di Indonesia
                didominasi oleh nelayan dan pembudidaya ikan dengan
                persentase  masing-masing  sebesar  64,96%  dan  27,52%.  Potensi
                ini merupakan aset terpenting dalam peningkatan kesejahteraan
                masyarakat pesisir. Aplikasi pemasaran digital akan membantu
                dalam meningkatkan kualitas produktivitas produk perikanan,
                peningkatan komersialisasi produk perikanan, peningkatan
                kemandirian, dan kreativitas serta pola dan gaya hidup pelaku
                usaha perikanan. Segmentasi konsumen pemasaran digital untuk
                produk perikanan adalah nelayan, pembudidaya ikan, pemasar,
                pengolah produk perikanan, dan konsumen produk perikanan.
   385   386   387   388   389   390   391   392   393   394   395