Page 393 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 393

354     Fakultas Sains dan Teknologi
                   Universitas Terbuka (2023)


                       Saluran pada aplikasi pemasaran digital untuk produk
                 perikanan adalah melalui  Website, E-commerce,  Social Media
                 Marketing, Iklan Online, dan Video Marketing. Saluran menggunakan
                 jaringan elektronik dan akses internet yang memberikan
                 kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan informasi dan
                 preferensi pada produk perikanan. Website dapat digunakan untuk
                 membantu mengoptimalkan kegiatan pemasaran.  Marketplace
                 dan E-Commerce dapat digunakan untuk melakukan pemasaran
                 digital  yang  dapat  mempermudah  dalam  kegiatan  transaksi,
                 menambah kepercayaan pelanggan dan mengurangi kesalahan
                 dalam proses pengelolaan pesanan atau perhitungan transaksi.

                 d.    Hubungan Konsumen (Customer Relationship)
                       Hubungan konsumen adalah tipe-tipe hubungan yang
                 dibangun oleh sebuah perusahaan dengan segmen konsumen
                 tertentu  (Pölling  et  al.,  2017).  Hubungan  konsumen  pada  aplikasi
                 pemasaran produk perikanan memiliki tujuan untuk menawarkan
                 produk,  mempertahankan   pelanggan  dan   mendapatkan
                 konsumen baru. Terdapat enam kategori dalam membangun
                 hubungan  dengan  pelanggan  antara  lain  personal assitance,
                 dedicated  personal  assitance,  selfservice,  automated service,
                 communities,  dan co-creation  (Osterwalder  & Pigneur,  2010).
                 Hutamy, et al. (2021) menyatakan bahwa cara menyambung dan
                 menjaga hubungan dengan pelanggan pada bisnis online adalah
                 melalui kemudahan dalam berbelanja, memberi promosi, memberi
                 pelayanan dan memberi respon secara cepat kepada pelanggan.
                 Bisnis online juga menyediakan layanan saran dan kritik sebagai
                 feedback yang dapat disampaikan melalui aplikasi whatsapp.
                 Salah  satu  kunci  keberhasilan  bisnis  online  adalah  perusahaan
                 mampu memberikan pelayanan dan informasi terbaik bagi para
                 konsumennya.  Hubungan  konsumen  pada  aplikasi  pemasaran
                 digital untuk produk perikanan dibangun melalui layanan
                 konsumen berupa  call center, email,  whatsapp. Layanan ulasan
                 produk sebagai sarana evaluasi produk yang disampaikan oleh
                 konsumen untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap
   388   389   390   391   392   393   394   395   396   397   398