Page 384 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 384

Trends in Science and Technology   345
                                                   for Sustainable Living


                     Berdasarkan hal tersebut, pemanfaatan teknologi menjadi
                sangat penting. Pada era digital saat ini, teknologi dapat digunakan
                untuk membangun database, yang kemudian dapat dimanfaatkan
                untuk kepentingan para stakeholder. Pada kasus sektor perikanan,
                big data  dapat dibangun dan dimanfaatkan untuk peningkatan
                efisiensi pemasaran produk perikanan di Indonesia. Menyadari hal
                tersebut, maka media atau platform berbasis teknologi menjadi
                sangat penting untuk dikembangkan, dengan tujuan menciptakan
                saluran pemasaran produk perikanan yang lebih efisien.
                     Teknologi tanpa pengelolaan bisnis yang tepat tidak dapat
                berjalan secara berkelanjutan. Permasalahan pemasaran produk
                perikanan  yang  efisien  membutuhkan  upaya  serius  dan  kolektif
                dari berbagai pihak, sehingga pengelolaannya membutuhkan
                strategi  yang tepat  meliputi strategi pasar,  pengembangan
                aplikasi, serta kematangan bisnis proses. Model bisnis merupakan
                refleksi  yang  menggambarkan  bagaimana  sebuah  organisasi
                atau  bisnis  menjalankan  kegiatan  operasinya.  Model  bisnis
                membantu manajemen untuk menganalisis secara sistematis
                faktor keberhasilan dan penyesuaian bisnis perusahaan. Model
                bisnis menggambarkan sistem operasi produksi dan layanan
                perusahaan, serta bentuk sederhana tentang bagaimana
                perusahaan mengelola sumberdaya yang dimiliki dan mendukung
                penciptaan nilai produk untuk kemudian dapat dipasarkan.
                     Menghadapi kondisi ketidakpastian yang tinggi dan
                dinamis,  analisa  model  bisnis  dalam  pengembangan  aplikasi
                pemasaran  produk  pemasaran  sangat  dibutuhkan.  Keberhasilan
                pemasaran produk perikanan yang sukses, tidak hanya ditunjang
                dengan kecanggihan teknologi dan database saja, melainkan juga
                dari model bisnis yang tepat. Karena itu, tujuan dari penulisan ini
                adalah untuk menganalisa model bisnis pada pengembangan
                aplikasi pemasaran produk perikanan. Hal ini dimaksudkan agar
                penciptaan  teknologi  untuk  membantu  penyelesaian  masalah
                tataniaga perikanan dapat berhasil dan berkelanjutan.
   379   380   381   382   383   384   385   386   387   388   389