Page 69 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 69

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                  kompetensi-komptensi sosial yang sesuai dengan tuntutan sosial pada
            60
                  masa kini dan mendatang, termasuk tuntutan di dalam masyarakat
                  global.
                      Sejumlah kompetensi dasar sosial yang dapat dirumuskan dari
                  temuan lapangan yang dipandang perlu dimiliki dan dikuasai oleh siswa
                  sebagai makhluk sosio-kultural adalah: (1) pemahaman dan kesadaran
                  atas hakikat diri sebagai anggota atau bagian dari masyarakat; (2)
                  pemahaman dan kesadaran atas tatakrama/sopan santun dalam
                  kehidupan bermasyarakat; (3) kemampuan berkomunikasi; (4)
                  kemampuan interaksi sosial; (5) kemampuan bekerjasama dengan
                  sesama; (6) sikap prososial atau altruisme; dan (7) kemampuan
                  partisipasi sosial; (8) pemahaman dan kesadaran terhadap keberbedaan
                  dan kesederajatan (gender, etnis, dan budaya).

                  a.   Pemahaman dan Kesadaran sebagai Anggota Masyarakat
                      Kompetensi ini berkaitan dengan kemampuan siswa memahami
                  dan menyadari kahikat sosial dirinya dalam konteks kehidupan sosial
                  dan budaya.
                      Kemampuan memahami dan menyadari hakikat kediriannya
                  sebagai anggota atau bagian dari masyarakat, dipahami siswa sebagai
                  sesuatu  yang  tidak  dapat dilepaskan  dari  kebutuhan  dasar  setiap
                  orang, dan dari eksistensi dirinya sebagai makhluk sosio-kultural, yang
                  senantiasa ingin mencari kawan atau sahabat. Makna memahami
                  dan menyadari hakikat kediriannya sebagai anggota atau bagian dari
                  masyarakat  bagi siswa  juga dipahami  sebagai  hal yang  tidak  dapat
                  dilepaskan dari realitas bahwa sesungguhnya manusia itu pada dasarnya
                  bersaudara, yang perlu bekerjasama, membangun relasi-relasi sosial di
                  antara mereka guna memenuhi kebutuhan dan kepentingan masing-
                  masing.
                      Pembentukan dan pengembangan  kompetensi ini dipandang
                  penting untuk: (1) memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap
                  diri-sendiri di dalam latar sosial—sekolah, keluarga, dan masyarakat
                  luas; (2) membentuk paradigma sosial siswa yang lebih baik dan
                  kompleks, yang salah satunya dicirikan oleh kemampuan memahami
                  dan menyadari secara lebih baik dunia tempat mereka hidup dan
                  berpartisipasi; (3) membentuk dan mengembangkan tanggungjawab
                  sosial siswa untuk mengidentifikasi, mengerti, dan bekerja memecahkan
                  masalah yang dihadapi utamanya di dunia sekitarnya.
                      Kompetensi  ini  juga  dipandang  penting  untuk  memberikan
                  kemampuan siswa berefleksi serius dan peningkatan kemampuan
                  memecahkan masalah terutama ketika mereka berkesempatan untuk
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74