Page 69 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 69
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
kompetensi-komptensi sosial yang sesuai dengan tuntutan sosial pada
60
masa kini dan mendatang, termasuk tuntutan di dalam masyarakat
global.
Sejumlah kompetensi dasar sosial yang dapat dirumuskan dari
temuan lapangan yang dipandang perlu dimiliki dan dikuasai oleh siswa
sebagai makhluk sosio-kultural adalah: (1) pemahaman dan kesadaran
atas hakikat diri sebagai anggota atau bagian dari masyarakat; (2)
pemahaman dan kesadaran atas tatakrama/sopan santun dalam
kehidupan bermasyarakat; (3) kemampuan berkomunikasi; (4)
kemampuan interaksi sosial; (5) kemampuan bekerjasama dengan
sesama; (6) sikap prososial atau altruisme; dan (7) kemampuan
partisipasi sosial; (8) pemahaman dan kesadaran terhadap keberbedaan
dan kesederajatan (gender, etnis, dan budaya).
a. Pemahaman dan Kesadaran sebagai Anggota Masyarakat
Kompetensi ini berkaitan dengan kemampuan siswa memahami
dan menyadari kahikat sosial dirinya dalam konteks kehidupan sosial
dan budaya.
Kemampuan memahami dan menyadari hakikat kediriannya
sebagai anggota atau bagian dari masyarakat, dipahami siswa sebagai
sesuatu yang tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan dasar setiap
orang, dan dari eksistensi dirinya sebagai makhluk sosio-kultural, yang
senantiasa ingin mencari kawan atau sahabat. Makna memahami
dan menyadari hakikat kediriannya sebagai anggota atau bagian dari
masyarakat bagi siswa juga dipahami sebagai hal yang tidak dapat
dilepaskan dari realitas bahwa sesungguhnya manusia itu pada dasarnya
bersaudara, yang perlu bekerjasama, membangun relasi-relasi sosial di
antara mereka guna memenuhi kebutuhan dan kepentingan masing-
masing.
Pembentukan dan pengembangan kompetensi ini dipandang
penting untuk: (1) memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap
diri-sendiri di dalam latar sosial—sekolah, keluarga, dan masyarakat
luas; (2) membentuk paradigma sosial siswa yang lebih baik dan
kompleks, yang salah satunya dicirikan oleh kemampuan memahami
dan menyadari secara lebih baik dunia tempat mereka hidup dan
berpartisipasi; (3) membentuk dan mengembangkan tanggungjawab
sosial siswa untuk mengidentifikasi, mengerti, dan bekerja memecahkan
masalah yang dihadapi utamanya di dunia sekitarnya.
Kompetensi ini juga dipandang penting untuk memberikan
kemampuan siswa berefleksi serius dan peningkatan kemampuan
memecahkan masalah terutama ketika mereka berkesempatan untuk