Page 117 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 117

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                  dimengerti, dijelaskan, dan dimaknai secara personal atau “individually
           108
                  defined “. Pertimbangan utama rekonstruksi struktur konten PIPS tetap
                  ditekankan pada tingkat  “keterkaitan” (relatedness) dengan struktur
                  substantif, sintaktik, dan normatif yang sudah siswa miliki (Piaget); juga
                  memiliki watak sosiokultural, dan mampu menjembatani, memfasilitasi,
                  atau  memediasi  siswa  berkembang  dari  ZPP  menuju  ZPA  (Vygotsky).
                  Sehingga struktur konten PIPS mampu mendukung tercapainya
                  kebermaknaan belajar siswa; menyinambungkan, memperkuat,
                  serta memperluas proses-proses penyatupaduan, penyelarasan, dan
                  rekonstruksi terhadap struktur internal yang sudah terdapat di dalam diri
                  siswa; dan memiliki relevansi tinggi dengan fungsi-fungsi sosiokultural
                  yang tak terpisahkan dari eksistensi siswa sebagai makhluk sosiokultural.
                      Selain itu, seluruh struktur konten PIPS harus terjalin secara terpadu
                  guna mendukung terciptanya kompetensi-kompetensi dasar PIPS.
                  Pengembangan struktur isi PIPS seperti itu, diyakini bisa mengantisipasi
                  terjadinya  kejenuhan  siswa  untuk  belajar  PIPS,  dan  membangkitkan
                  kembali minat belajar siswa terhadap PIPS; yang ditengarai hingga
                  kini masih menjadi kendala utama dan persoalan krusial di dalam
                  PIPS. Berbagai pertimbangan tersebut dipandang sangat penting dan
                  mendasar  agar  hasrat  siswa  untuk  menumbuhkembangkan  segala
                  kapasitas dan kompetensi alamiah dan sosiokulturalnya tidak terhambat
                  oleh persoalan-persoalan akademik yang selama ini dipandang siswa
                  merupakan faktor utama ketakberminatannya terhadap PIPS.

                  D.   TIGA STRUKTUR KONTEN PENDIDIKAN IPS

                      Struktur konten PIPS yang dirumuskan di dalam studi ini secara
                  kategorik meliputi: (1) struktur substantif/konseptual, (2) struktur
                  sintektik/prosedural, dan (3) struktur normatif/afektif, yang satu dengan
                  lainnya saling berkaitan membangun kesatuan struktur materi.

                  1.   Struktur Substantif
                      Struktur substantif dimaksudkan sebagai jalinan atau relasi antar-
                  materi kurikulum yang saling berkaitan penuh makna di antara berbagai
                  dimensi pengetahuan (faktual, konseptual/deklaratif, metakognitif)
                  yang memberikan “konsepsi yang sama, jelas, dan utuh” kepada siswa
                  di dalam: (a) merumuskan pertanyaan, (b) menemukan cara yang tepat
                  untuk memperoleh dan menafsirkan data, (c) menyediakan kerangka
                  berpikir, bersikap, dan bertindak, dan (d) membangun pengertian, nilai,
                  sikap, dan tindakannya, terhadap berbagai realitas, fenomena, masalah,
                  dan/atau kasus-kasus yang dihadapi di dalam latar kehidupan personal
                  dan sosialnya.
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122