Page 121 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 121

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                      kesadaran atau pengetahuan siswa terhadap proses-proses
           112
                      kognitif, yang mencakup pengetahuan strategik/fungsi eksekutif/
                      struktur kontrol atau kontrol terhadap: (a) aktivitas atau proses
                      kognitif; (b) tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan untuk
                      menggunakan pengetahuan tersebut untuk melakukan adaptasi
                      secara tepat sesuai dengan dengan kondisi dan operasi-operasi
                      kognitifnya; dan (c) pengetahuan-diri; yang dipandang penting
                      bagi siswa di dalam melakukan koordinasi dan kontrol ketika
                      sedang mempelajari dan memecahkan masalah; atau kemampuan
                      siswa mengatur atau menata (regulate) proses-proses internal/
                      kognitifnya.
                      Operasi  meta-kognitif  tersebut  mencakup  proses-proses
                      perencanaan awal (prior planning) dan pengecekan sambil berjalan
                      (eongoing checking), evaluasi (evaluating), dan penyuntingan atau
                      modifikasi  (editing or modifying) terhadap  aktivitas atau  proses-
                      proses kognitif siswa; dan pengenalan terhadap apa yang perlu
                      diketahui sehingga siswa mampu menyelesaikan tugas-tugas
                      kognitifnya, serta mampu mengajukan pertanyaan-pertanyaan
                      untuk menghimpun informasi yang diperlukan.
                  3.   operasi afektif, yaitu operasi, proses, atau keterampilan anak dalam:
                      (a) kepekaan terhadap suatu gejala atau perangsang tertentu yang
                      diterima atau diperhatikan (receiving); (b) mengadakan balasan,
                      jawaban, atau reaksi terhadap rangsangan atau gejala tertentu yang
                      datang, diterima (responding); (c) mengembangkan suatu sikap
                      bahwa suatu hal, tingkah-laku, atau suatu gagasan mempunyai
                      nilai  tertentu  (valuing);  (d)  menata  dan  mengembangkan  nilai
                      yang berbeda, dan mengklarisikasi konflik antarnilai sehingga
                      bisa ditetapkan suatu sistem nilai (organizing); dan kemampuan
                      berperilaku konsisten sesuai dengan sistem nilai yang diyakini dan
                      dianutnya (characterization by a value or value complex) (Kartwohl,
                      2002).
                  4.   operasi psikomotorik (keterampilan fisik), yaitu operasi, proses,
                      atau keterampilan anak dalam: (a) menanggapi suatu objek dan
                      sifat-sifatnya (perception); (b) mengatur kesiapan diri sebelum
                      melakukan  tindakan  untuk  mencapai  tujuan  tertentu  (set/
                      readiness); (c) bertindak  sesuai dengan  prosedur tertentu atau
                      arahan guru (guided response); (d) bertindak secara tepat secara
                      otomatis, mekanik, atau dengan sendirinya (mechanism); (e)
                      bertindak didukung oleh suatu keahlian tertentu sehingga
                      memperlihatkan kemahiran/keterampilan tingkat tinggi (complex
                      overt response); (f) memodifikasi keterampilan motorik yang lebih
   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126