Page 121 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 121
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
kesadaran atau pengetahuan siswa terhadap proses-proses
112
kognitif, yang mencakup pengetahuan strategik/fungsi eksekutif/
struktur kontrol atau kontrol terhadap: (a) aktivitas atau proses
kognitif; (b) tugas-tugas kognitif, termasuk pengetahuan untuk
menggunakan pengetahuan tersebut untuk melakukan adaptasi
secara tepat sesuai dengan dengan kondisi dan operasi-operasi
kognitifnya; dan (c) pengetahuan-diri; yang dipandang penting
bagi siswa di dalam melakukan koordinasi dan kontrol ketika
sedang mempelajari dan memecahkan masalah; atau kemampuan
siswa mengatur atau menata (regulate) proses-proses internal/
kognitifnya.
Operasi meta-kognitif tersebut mencakup proses-proses
perencanaan awal (prior planning) dan pengecekan sambil berjalan
(eongoing checking), evaluasi (evaluating), dan penyuntingan atau
modifikasi (editing or modifying) terhadap aktivitas atau proses-
proses kognitif siswa; dan pengenalan terhadap apa yang perlu
diketahui sehingga siswa mampu menyelesaikan tugas-tugas
kognitifnya, serta mampu mengajukan pertanyaan-pertanyaan
untuk menghimpun informasi yang diperlukan.
3. operasi afektif, yaitu operasi, proses, atau keterampilan anak dalam:
(a) kepekaan terhadap suatu gejala atau perangsang tertentu yang
diterima atau diperhatikan (receiving); (b) mengadakan balasan,
jawaban, atau reaksi terhadap rangsangan atau gejala tertentu yang
datang, diterima (responding); (c) mengembangkan suatu sikap
bahwa suatu hal, tingkah-laku, atau suatu gagasan mempunyai
nilai tertentu (valuing); (d) menata dan mengembangkan nilai
yang berbeda, dan mengklarisikasi konflik antarnilai sehingga
bisa ditetapkan suatu sistem nilai (organizing); dan kemampuan
berperilaku konsisten sesuai dengan sistem nilai yang diyakini dan
dianutnya (characterization by a value or value complex) (Kartwohl,
2002).
4. operasi psikomotorik (keterampilan fisik), yaitu operasi, proses,
atau keterampilan anak dalam: (a) menanggapi suatu objek dan
sifat-sifatnya (perception); (b) mengatur kesiapan diri sebelum
melakukan tindakan untuk mencapai tujuan tertentu (set/
readiness); (c) bertindak sesuai dengan prosedur tertentu atau
arahan guru (guided response); (d) bertindak secara tepat secara
otomatis, mekanik, atau dengan sendirinya (mechanism); (e)
bertindak didukung oleh suatu keahlian tertentu sehingga
memperlihatkan kemahiran/keterampilan tingkat tinggi (complex
overt response); (f) memodifikasi keterampilan motorik yang lebih