Page 123 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 123
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
afektif tersebut secara sinergis harus mampu mendukung, memperkuat,
114
memperluas, dan/atau merekonstruksi struktur normatif/afektif yang
terdapat di dalam diri siswa.
Berkenaan dengan muatan struktur normatif/afektif yang masih
kontroversi yang ada di “wilayah tabu” (closed areas) seperti disarankan
oleh Hunt dan Metcalf (1995) hingga kini belum ada kesepakatan di
kalangan pakar PIPS di Indonesia, juga belum ada penelitian yang
dilakukan dan mendukung signifikansinya. Oleh karena itu, dalam studi
inipun hal tersebut dipandang masih belum perlu dimasukkan dalam
rekonstruksi struktur muatan kurikulum PIPS.
Berikut adalah struktur muatan PIPS yang konstruktivistik dan
transformatif.
Gambar 4. Struktur materi Pendidikan IPS yang konstruktivistik dan
transformatif