Page 123 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 123

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                  afektif tersebut secara sinergis harus mampu mendukung, memperkuat,
           114
                  memperluas, dan/atau merekonstruksi struktur normatif/afektif yang
                  terdapat di dalam diri siswa.
                      Berkenaan dengan muatan struktur normatif/afektif yang masih
                  kontroversi yang ada di “wilayah tabu” (closed areas) seperti disarankan
                  oleh Hunt dan Metcalf (1995) hingga kini belum ada kesepakatan di
                  kalangan  pakar  PIPS  di  Indonesia,  juga  belum  ada  penelitian  yang
                  dilakukan dan mendukung signifikansinya. Oleh karena itu, dalam studi
                  inipun hal tersebut dipandang masih belum perlu dimasukkan dalam
                  rekonstruksi struktur muatan kurikulum PIPS.
                      Berikut adalah struktur muatan PIPS yang konstruktivistik dan
                  transformatif.






















                  Gambar 4. Struktur materi Pendidikan IPS yang konstruktivistik dan
                            transformatif
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128