Page 139 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 139

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

              (28)  Beri ruang untuk menambahkan umpan balik dari peserta   127
                  didik Anda nantinya.
              (29)  Pertimbangkan apakah OER Anda akan dicetak, dapat
                  digunakan secara  offline, atau cocok untuk penggunaan
                  melalui gawai bergerak (mobile devices).
              (30)  Gunakan format terbuka dalam membagikan OER Anda agar
                  memudahkan penggunaan kembali dan remix.
              (31)  Berikan saran OER mana yang bisa digunakan sebelum OER
                  Anda dan OER mana yang bisa digunakan setelahnya dalam
                  pembelajaran.


          S :   System technical and technology (sistem teknis dan teknologi)
              (32)  Pertimbangkan untuk menambahkan  tag metadata pada
                  konten OER Anda untuk membantu Anda dan orang lain nanti
                  untuk menemukan OER Anda.
              (33)  Berikan  tag metadata untuk durasi studi yang diharapkan
                  untuk tingkat kesulitan, format, dan ukuran yang diharapkan.
              (34)  Cobalah untuk hanya menggunakan  sourceware/software
                  gratis yang mudah dioperasikan di berbagai platform berbeda.
              (35)  Upayakan OER Anda mudah diadaptasi, misalnya dengan
                  memisahkan bagian kode komputer dari konten pengajaran
                  Anda.
              (36)  OER Anda harus mudah dibawa-bawa dan dapat dibagikan
                  serta Anda harus dapat menyimpan salinannya secara offline.
              (37)  OER Anda dan pekerjaan peserta didik Anda harus mudah
                  ditransmisikan ke e-portofolio peserta didik sendiri.
              (38)  Sertakan informasi tentang tanggal produksi dan tanggal
                  revisi OER Anda.

              Kriteria mutu dalam  TIPS  framework cukup detail melingkupi
          masalah teknis dan pedagogis. Secara teknis,  TIPS  framework
          menekankan pentingnya penggunaan lisensi terbuka secara eksplisit
          serta format terbuka untuk memudahkan penggunaan, modifikasi,
          remix, dan kontekstualisasi OER  oleh pengguna.  Secara pedagogis,
          TIPS menekankan pentingnya kualitas konten yang akurat, koheren,
          menarik, dan dapat mendorong pembelajaran yang engaging. Intinya,
          kriteria  mutu  OERs  dalam TIPS  mencerminkan  mengukur  keselarasan
          OER yang dievaluasi dengan definisi dari OERs itu sendiri sebagai
          sumber pembelajaran digital yang dibagikan di ruang publik atau
          dengan menggunakan lisensi yang memperbolehkan pengguna untuk
          mengadaptasinya serta sejauh mungkin bersifat gratis (Kawachi, 2014).
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144