Page 140 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 140

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                  The Instrument for Quality Assurance of OER
           128
                      The Instrument for quality assurance of OER (IQOER) dikembangkan
                  oleh tim pengembang dari Hamburg Open Online University (HOOU)
                  yang terdiri atas Mayrberger, Zawacki-Richter, dan Müskens pada tahun
                  2018. Instrumen didasarkan pada kerangka mutu OERs (framework of OER
                  quality) yang memiliki dua dimensi utama, yaitu dimensi pedagogis dan
                  dimensi teknis, serta empat subdimensi. Keempat subdimensi adalah
                  konten, desain instruksional, aksesibilitas, dan kegunaan atau usability
                  (Zawacki-Richter, Müskens, and Marín, 2022). Gambar 4.1 menunjukkan
                  bahwa secara keseluruhan, kerangka ini memiliki 15 kriteria mutu.
                      Secara terperinci, kriteria mutu untuk masing-masing subdimensi
                  tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
                  1.   Dimensi Pedagogis
                  1.1.  Subdimensi Konten
                  •   Landasan akademik: Isinya benar secara ilmiah dan disertai rujukan/
                      referensi asal-usul model, metode, dan pendekatan.
                  •   Orientasi kelompok target: Kelompok sasaran pengguna konten
                      dinyatakan dengan jelas. Semua pengetahuan atau keterampilan
                      sebelumnya yang diperlukan disebutkan secara eksplisit dan
                      konten sesuai dengan tingkat pendidikan pengguna yang
                      ditargetkan.
                  •   Daya penggunaan ulang konten: Konten disajikan sedemikian rupa
                      sehingga dapat dengan mudah digunakan dalam konteks lain
                      (misalnya dalam modul serupa di program lain).


















                  Sumber: Zawacki-Richter, Müskens, & Marín, 2022, hlm. 788

                  Gambar  4.1
                  Kerangka Model Penjaminan Mutu OERs dari Mayrberger et.al.(2018)
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145