Page 137 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 137

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          of Learning (tepatnya The Commonwealth Educational Media Centre for   125
          Asia atau CEMCA) dan IQOER yang dikembangkan oleh Hamburg Open
          Online University.

          TIPS Framework
              TIPS framework terbaru adalah versi kedua yang ditujukan untuk
          membantu pengembang OERs agar dapat mengembangkan OERs
          dengan baik.  Setelah melalui proses validasi, framework ini mengandung
          38 kriteria.

          T:   Teaching and learning process (proses belajar mengajar)
              (1)  Pertimbangkan untuk memberikan panduan belajar tentang
                  cara menggunakan OER Anda dengan pengatur lanjutan dan
                  alat bantu navigasi.
              (2)  Menggunakan  pendekatan yang berpusat pada peserta didik.
              (3)  Gunakan pedagogi terkini yang sesuai dan autentik.
              (4)  Anda harus dengan jelas menyatakan alasan dan tujuan OER,
                  relevansi, dan signifikansinya.
              (5)  Konten harus diselaraskan dengan keinginan dan kebutuhan
                  lokal  serta mengantisipasi  kebutuhan  peserta didik  saat ini
                  dan masa depan.
              (6)  Ingatlah  tujuan Anda untuk mendukung  otonomi,
                  kemandirian, ketahanan (resilience), dan self-reliance peserta
                  didik.
              (7)  Anda harus mengadopsi gaya percakapan yang bebas gender
                  dan ramah pengguna dalam suara aktif.
              (8)  Jangan gunakan bahasa yang sulit atau rumit dan periksa
                  keterbacaan untuk memastikannya sesuai dengan usia/level.
              (9)  Sertakan kegiatan pembelajaran yang mendaur ulang
                  informasi baru dan menumbuhkan keterampilan belajar
                  untuk belajar.
              (10)  Katakan mengapa tugas-tugas diperlukan, relevansi  antara
                  dunia nyata dan peserta didik, dengan mengingat pekerjaan
                  yang diperlukan untuk mencapai manfaat yang dimaksudkan.
              (11)  Merangsang motivasi intrinsik untuk belajar, misalnya melalui
                  membangkitkan rasa ingin tahu dengan anekdot yang
                  mengejutkan.
              (12)  Pantau tingkat penyelesaian, kepuasan siswa, dan apakah
                  peserta didik merekomendasikan OER Anda kepada orang
                  lain.
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142