Page 141 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 141

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
          1.2.  Subdimensi Desain Instruksional                         129
          •   Penyelarasan instruksional: Hasil belajar yang ditargetkan
              dinyatakan dengan jelas serta substansi materi/konten. Kegiatan
              pembelajaran, tugas, dan penilaian disampaikan secara konsisten
              dengan capaian pembelajaran tersebut. Cara penilaian sesuai
              dengan cara mengukur tingkat hasil belajar yang diinginkan.
          •   Kolaborasi  dan  interaksi:  Materi  berisi  kegiatan  atau  tugas  yang
              secara sistematis mendorong interaksi dan kolaborasi antarpeserta
              didik. Peserta didik bekerja sama sebagai tim dengan cara yang
              berorientasi pada tujuan.
          •   Implementasi instruksional: Kegiatan atau tugas pembelajaran
              mendorong peserta didik untuk mentransfer konten pembelajaran
              ke jenis situasi masalah baru atau praktik (profesional) mereka dan
              untuk mengatasi tugas dan situasi autentik.
          •   Bantuan untuk peserta didik: Materi menawarkan bantuan dan
              dukungan, baik untuk navigasi melalui konten pembelajaran
              maupun untuk konten pembelajaran itu sendiri, serta opsi kontak
              diberikan untuk pertanyaan teknis dan terkait konten.
          •   Asesmen: Asesmen terdiri atas berbagai tugas atau latihan yang
              sesuai  dengan  hasil  belajar  yang  ditargetkan,  mencatat  tingkat
              kompetensi pada awal dan akhir proses pembelajaran, serta
              memberikan umpan balik tentang capaian hasil belajar kepada
              peserta didik selama proses pembelajaran.


          2.   Dimensi Teknis
          2.1.  Subdimensi Aksesibilitas
          •   Lisensi CC: Materi pembelajaran telah diterbitkan di bawah
              lisensi yang memungkinkan siapa saja untuk mengakses
              materi pembelajaran serta menggunakan, memodifikasi, dan
              membagikannya  dengan  orang  lain  (domain  publik)  atau  lisensi
              yang setara.
          •   Aksesibilitas bagi siswa penyandang disabilitas: Berbagai
              langkah telah  diambil  seoptimal  mungkin  untuk  memastikan
              bahwa penyandang disabilitas juga dapat menggunakan materi
              dan rekomendasi pedoman aksesibilitas konten web (WCAG)
              diterapkan secara konsisten.
          •   Reliabilitas dan kompatibilitas: Materi pembelajaran secara teknis
              dapat digunakan tanpa kendala (pada semua perangkat dan
              sistem operasi) serta penggunaan tidak memerlukan perangkat
              lunak tambahan.
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146