Page 141 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 141
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
1.2. Subdimensi Desain Instruksional 129
• Penyelarasan instruksional: Hasil belajar yang ditargetkan
dinyatakan dengan jelas serta substansi materi/konten. Kegiatan
pembelajaran, tugas, dan penilaian disampaikan secara konsisten
dengan capaian pembelajaran tersebut. Cara penilaian sesuai
dengan cara mengukur tingkat hasil belajar yang diinginkan.
• Kolaborasi dan interaksi: Materi berisi kegiatan atau tugas yang
secara sistematis mendorong interaksi dan kolaborasi antarpeserta
didik. Peserta didik bekerja sama sebagai tim dengan cara yang
berorientasi pada tujuan.
• Implementasi instruksional: Kegiatan atau tugas pembelajaran
mendorong peserta didik untuk mentransfer konten pembelajaran
ke jenis situasi masalah baru atau praktik (profesional) mereka dan
untuk mengatasi tugas dan situasi autentik.
• Bantuan untuk peserta didik: Materi menawarkan bantuan dan
dukungan, baik untuk navigasi melalui konten pembelajaran
maupun untuk konten pembelajaran itu sendiri, serta opsi kontak
diberikan untuk pertanyaan teknis dan terkait konten.
• Asesmen: Asesmen terdiri atas berbagai tugas atau latihan yang
sesuai dengan hasil belajar yang ditargetkan, mencatat tingkat
kompetensi pada awal dan akhir proses pembelajaran, serta
memberikan umpan balik tentang capaian hasil belajar kepada
peserta didik selama proses pembelajaran.
2. Dimensi Teknis
2.1. Subdimensi Aksesibilitas
• Lisensi CC: Materi pembelajaran telah diterbitkan di bawah
lisensi yang memungkinkan siapa saja untuk mengakses
materi pembelajaran serta menggunakan, memodifikasi, dan
membagikannya dengan orang lain (domain publik) atau lisensi
yang setara.
• Aksesibilitas bagi siswa penyandang disabilitas: Berbagai
langkah telah diambil seoptimal mungkin untuk memastikan
bahwa penyandang disabilitas juga dapat menggunakan materi
dan rekomendasi pedoman aksesibilitas konten web (WCAG)
diterapkan secara konsisten.
• Reliabilitas dan kompatibilitas: Materi pembelajaran secara teknis
dapat digunakan tanpa kendala (pada semua perangkat dan
sistem operasi) serta penggunaan tidak memerlukan perangkat
lunak tambahan.