Page 142 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 142
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
• Daya penggunaan ulang teknis: Materi pembelajaran dapat
130
digunakan dalam konteks yang berbeda dan diintegrasikan ke
dalam aplikasi lain dengan didukung standar metadata dan
dokumentasi internasional.
2.2. Subdimensi Kegunaan
• Struktur, navigasi, dan orientasi: Strukturnya sederhana dan jelas,
peserta didik dapat menghentikan urutan pembelajaran kapan
saja, dan semua konten pembelajaran (yang disajikan sebelumnya)
dapat diakses kapan saja.
• Desain dan keterbacaan: Materi pembelajaran memiliki desain
yang konsisten sesuai dengan konten, semua teks dan grafik
mudah dibaca, serts antarmuka (interface) selalu merespons input
peserta didik dengan cepat.
• Interaktivitas: Materi mengandung fitur interaktif yang dapat
digunakan oleh peserta didik untuk mandiri melakukan tindakan
konstruktif atau manipulatif.
Berdasarkan kerangka mutu tersebut, Mayrberger et al. kemudian
mengembangkan instrumen yang diberi nama the instrument for quality
assurance of OER (IQOER). Instrumen IQOER memiliki dua versi, yaitu
versi pendek yang menggunakan skala klasifikasi dan versi panjang yang
menggunakan skala nilai rata-rata berdasarkan nilai butir instrumen
secara individual.
Untuk versi pendek, skala klasifikasi lima tingkat digunakan untuk
masing-masing dari 15 kriteria mutu. Skala klasifikasi memungkinkan
pemeringkatan mutu kriteria terkait pada salah satu dari lima level
yang ditandai dengan warna dari merah (level terendah) hingga hijau
tua (level tertinggi). Level merah, hijau muda, dan hijau tua dari skala
peringkat diberi deskripsi, sedangkan level kedua dan keempat tidak
diberi deskripsi sehingga dapat diinterpretasikan oleh penilai sendiri.
Instrumen versi skala klasifikasi dinilai memiliki kelemahan karena
hanya memiliki nilai peringkat tunggal sehingga konsistensi internal
(split-half) tidak dapat diukur. Pengukuran dengan skala klasifikasi ini
juga memaksa penilai membuat judgement tunggal untuk beberapa
pernyataan secara sekaligus, padahal mungkin saja pernyataan-
pernyataan tersebut tidak selalu sejalan/kompatibel. Misalnya, bisa saja
suatu konten telah mengutip dengan benar, tetapi kutipan yang dibuat
tidak koheren dengan konten. Hal ini tentu akan menyulitkan penilai
untuk memberikan peringkat apakah pada level hijau tua atau tidak.
Tabel 4.1 menunjukkan skala peringkat untuk setiap kriteria mutu.