Page 138 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 138

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

           126        (13)  Sertakan berbagai penilaian diri, seperti pilihan ganda,
                          pertanyaan konsep, dan tes pemahaman.
                      (14)  Sediakan cara bagi peserta didik dan guru lain untuk memberi
                          Anda umpan balik dan saran tentang cara meningkatkan
                          kualitas OER Anda.
                      (15)  Tautkan penilaian diri formatif ke mekanisme bantuan.
                      (16)  Cobalah untuk menawarkan dukungan pembelajaran.


                  I :    Information and material content (informasi dan isi materi)
                      (17)  Pastikan  bahwa  pengetahuan  dan  keterampilan  yang  Anda
                          ingin  siswa  pelajari  adalah  yang  terbaru,  akurat, dan  dapat
                          diandalkan. Pertimbangkan untuk meminta saran dari ahli
                          materi pelajaran.
                      (18)  Perspektif Anda harus mendukung kesetaraan dan keadilan,
                          mempromosikan harmoni sosial, inklusif secara sosial, taat
                          hukum, dan tidak diskriminatif.
                      (19)  Semua konten Anda harus relevan dan sesuai dengan tujuan.
                          Hindari materi yang berlebihan.
                      (20)  Konten  Anda harus asli,  konsisten  secara internal,  dan
                          dikontekstualisasikan dengan tepat.
                      (21)  Minta masukan dari peserta didik dalam mengadaptasi konten
                          agar pembelajaran menjadi kontekstual: memanfaatkan
                          pembelajaran dan pengalaman, pengetahuan  empiris, dan
                          tradisi mereka sebelumnya.
                      (22)  Cobalah untuk menjaga ukuran OER Anda tetap koheren
                          dengan materi lainnya, tetapi dapat bersifat utuh sebagai unit
                          pembelajaran yang berdiri sendiri. Pertimbangkan apakah itu
                          cukup kecil untuk digunakan kembali dalam disiplin ilmu lain.
                      (23)  Tambahkan tautan ke materi lain untuk memperkaya konten
                          Anda.

                  P :  Presentation product and format (produk dan format presentasi)
                      (24)  Pastikan jenis lisensi terbuka dinyatakan dengan jelas.
                      (25)  Pastikan OER Anda mudah diakses dan engaging.
                      (26)  Sajikan  materi  Anda  dengan  cara  yang  jelas,  ringkas,  dan
                          koheren untuk memastikan kualitas tinggi.
                      (27)  Tempatkan diri Anda pada posisi peserta didik Anda
                          untuk merancang desain menarik yang menyenangkan,
                          menggunakan ruang putih dan warna secara efektif, untuk
                          merangsang pembelajaran.
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143