Page 138 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 138
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
126 (13) Sertakan berbagai penilaian diri, seperti pilihan ganda,
pertanyaan konsep, dan tes pemahaman.
(14) Sediakan cara bagi peserta didik dan guru lain untuk memberi
Anda umpan balik dan saran tentang cara meningkatkan
kualitas OER Anda.
(15) Tautkan penilaian diri formatif ke mekanisme bantuan.
(16) Cobalah untuk menawarkan dukungan pembelajaran.
I : Information and material content (informasi dan isi materi)
(17) Pastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang Anda
ingin siswa pelajari adalah yang terbaru, akurat, dan dapat
diandalkan. Pertimbangkan untuk meminta saran dari ahli
materi pelajaran.
(18) Perspektif Anda harus mendukung kesetaraan dan keadilan,
mempromosikan harmoni sosial, inklusif secara sosial, taat
hukum, dan tidak diskriminatif.
(19) Semua konten Anda harus relevan dan sesuai dengan tujuan.
Hindari materi yang berlebihan.
(20) Konten Anda harus asli, konsisten secara internal, dan
dikontekstualisasikan dengan tepat.
(21) Minta masukan dari peserta didik dalam mengadaptasi konten
agar pembelajaran menjadi kontekstual: memanfaatkan
pembelajaran dan pengalaman, pengetahuan empiris, dan
tradisi mereka sebelumnya.
(22) Cobalah untuk menjaga ukuran OER Anda tetap koheren
dengan materi lainnya, tetapi dapat bersifat utuh sebagai unit
pembelajaran yang berdiri sendiri. Pertimbangkan apakah itu
cukup kecil untuk digunakan kembali dalam disiplin ilmu lain.
(23) Tambahkan tautan ke materi lain untuk memperkaya konten
Anda.
P : Presentation product and format (produk dan format presentasi)
(24) Pastikan jenis lisensi terbuka dinyatakan dengan jelas.
(25) Pastikan OER Anda mudah diakses dan engaging.
(26) Sajikan materi Anda dengan cara yang jelas, ringkas, dan
koheren untuk memastikan kualitas tinggi.
(27) Tempatkan diri Anda pada posisi peserta didik Anda
untuk merancang desain menarik yang menyenangkan,
menggunakan ruang putih dan warna secara efektif, untuk
merangsang pembelajaran.