Page 133 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 133

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          •   edX (Amerika Serikat) yang menawarkan 3.550 MOOCs, 480    121
              program dengan  microcredential, dan 13 program bergelar serta
              memiliki sekitar 42 juta peserta.
          •   FutureLearn (Inggris) yang menawarkan 1.400 MOOCs, 180
              program dengan  microcredential, dan 22 program bergelar serta
              memiliki sekitar 17 juta peserta.
          •   Swayam (India) yang menawarkan 1.465 MOOCs serta memiliki
              sekitar 22 juta peserta.

              Seperti terlihat, dua dari empat penyelenggara MOOCs terbesar
          dunia adalah organisasi di Amerika Serikat.  Walaupun demikian,
          peserta MOOCs pada umumnya dari seluruh dunia. Data class central
          juga menunjukkan bahwa MOOCs yang pada awalnya merupakan
          perkuliahan yang bersifat informal dan tidak menawarkan gelar telah
          berkembang ke arah bergelar. Sekarang ini banyak sekali jenis skema
          penyelenggaraan MOOCs yang berorientasi pada pemberian sertifikasi
          dan gelar kualifikasi tertentu, baik yang bersifat nonformal seperti
          microcredential maupun yang formal seperti MOOC-based degree yang
          diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi. Generasi MOOCs yang
          mengarah ke pemberian gelar ini dikenal sebagai  the second wave of
          MOOC hype yang puncaknya ada pada tahun 2018 sehingga disebut
          the year of MOOC-based of degrees. Hype pertama ada pada tahun 2012
          ketika  The New York Times menyebut bahwa tahun 2012 merupakan
          tahun MOOCs’
              Di  Indonesia,  universitas  yang  pertama  kali  menyelenggarakan
          MOOCs  adalah  Universitas  Ciputra  melalui  Ciputra Entrepreneurship
          Online (CE-O) pada tahun 2013, kemudian Universitas  Terbuka (UT)
          pada tahun 2014. Saat ini, ada beberapa institusi pendididikan
          yang menawarkan MOOCs, baik berupa perguruan tinggi maupun
          nonperguruan tinggi, seperti IndonesiaX; SEAMEO-SEAMOLEC; SPADA;
          Rumah  Belajar  dari Kementerian  Pendidikan,  Kebudayaan,  Riset,
          dan  Teknologi;  KelasKita  (https://kelaskita.com/); CodeSaya (https://
          codesaya.com/); SekolahPintar (https://sekolahpintar.com/); dan yang
          terakhir ICE  Institute. Selain  melalui  website masing-masing, banyak
          perguruan tinggi juga menyelenggarakan MOOCs melalui  platform
          SPADA atau ICE Institute.

          PENJAMINAN MUTU OERs

              Pengembangan dan distribusi OERs merupakan elemen penting
          dalam  praktik pendidikan pada  era digital. Hal  ini tecermin  dari
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138