Page 133 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 133
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
• edX (Amerika Serikat) yang menawarkan 3.550 MOOCs, 480 121
program dengan microcredential, dan 13 program bergelar serta
memiliki sekitar 42 juta peserta.
• FutureLearn (Inggris) yang menawarkan 1.400 MOOCs, 180
program dengan microcredential, dan 22 program bergelar serta
memiliki sekitar 17 juta peserta.
• Swayam (India) yang menawarkan 1.465 MOOCs serta memiliki
sekitar 22 juta peserta.
Seperti terlihat, dua dari empat penyelenggara MOOCs terbesar
dunia adalah organisasi di Amerika Serikat. Walaupun demikian,
peserta MOOCs pada umumnya dari seluruh dunia. Data class central
juga menunjukkan bahwa MOOCs yang pada awalnya merupakan
perkuliahan yang bersifat informal dan tidak menawarkan gelar telah
berkembang ke arah bergelar. Sekarang ini banyak sekali jenis skema
penyelenggaraan MOOCs yang berorientasi pada pemberian sertifikasi
dan gelar kualifikasi tertentu, baik yang bersifat nonformal seperti
microcredential maupun yang formal seperti MOOC-based degree yang
diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi. Generasi MOOCs yang
mengarah ke pemberian gelar ini dikenal sebagai the second wave of
MOOC hype yang puncaknya ada pada tahun 2018 sehingga disebut
the year of MOOC-based of degrees. Hype pertama ada pada tahun 2012
ketika The New York Times menyebut bahwa tahun 2012 merupakan
tahun MOOCs’
Di Indonesia, universitas yang pertama kali menyelenggarakan
MOOCs adalah Universitas Ciputra melalui Ciputra Entrepreneurship
Online (CE-O) pada tahun 2013, kemudian Universitas Terbuka (UT)
pada tahun 2014. Saat ini, ada beberapa institusi pendididikan
yang menawarkan MOOCs, baik berupa perguruan tinggi maupun
nonperguruan tinggi, seperti IndonesiaX; SEAMEO-SEAMOLEC; SPADA;
Rumah Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,
dan Teknologi; KelasKita (https://kelaskita.com/); CodeSaya (https://
codesaya.com/); SekolahPintar (https://sekolahpintar.com/); dan yang
terakhir ICE Institute. Selain melalui website masing-masing, banyak
perguruan tinggi juga menyelenggarakan MOOCs melalui platform
SPADA atau ICE Institute.
PENJAMINAN MUTU OERs
Pengembangan dan distribusi OERs merupakan elemen penting
dalam praktik pendidikan pada era digital. Hal ini tecermin dari