Page 130 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 130
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
118 (2) Aksesibilitas
OERs sering tersedia secara daring, sedangkan peserta didik
mungkin tidak memiliki akses internet yang andal, terutama di
daerah perdesaan atau berpenghasilan rendah.
(3) Kurangnya dukungan
OERs mungkin tidak dilengkapi dengan dukungan yang sama
seperti materi pendidikan komersial yang mengandung panduan
bagi pengajar atau kunci jawaban.
(4) Pilihan terbatas
Meskipun OERs dapat menjadi sumber pembelajaran yang bagus,
jumlah OERs yang tersedia mungkin terbatas untuk mata pelajaran
tertentu, pada tingkat pendidikan tertentu, atau dalam bahasa
tertentu.
(5) Memperbarui
OERs belum tentu diperbarui sesering materi komersial sehingga
dapat membuat OERs menjadi kurang relevan dari waktu ke waktu.
(6) Integrasi
OERs mungkin tidak terintegrasi dengan baik melalui sistem
pendidikan yang ada serta mungkin memerlukan waktu dan upaya
tambahan untuk menerapkannya.
(7) Penilaian kualitas
OERs mungkin tidak memiliki kualitas yang sama dengan materi
pendidikan tradisional dan mungkin sulit untuk menilai kualitas
OERs sebelum menggunakannya.
Walaupun demikian, penting untuk dicatat bahwa meskipun
OERs mungkin memiliki keterbatasan, banyak organisasi dan individu
yang terus bekerja untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas OERs
sehingga sangat potensial bagi dunia pendidikan. Berdasarkan literatur
dan studi-studi yang dilakukan (Atkins, Brown, & Hammond, 2007; Hilton,
2016; Hilton III, Wiley, Stein, & Johnson, 2010; Jhangiani, Pitt, Hendricks,
Key, & Lalonde, 2016; Wiley, Bliss, & McEwen, 2014), OER berpotensi
untuk hal-hal berikut.
(1) Penghematan biaya
OERs tersedia secara bebas dan dapat membantu menurunkan
biaya pendidikan bagi peserta dengan menghilangkan kebutuhan
untuk membeli buku teks dan materi lainnya yang mahal.
(2) Peningkatan aksesibilitas
OERs dapat membuat pendidikan lebih mudah diakses oleh
masyarakat dan peserta didik, terutama mereka yang berasal dari
latar belakang berpenghasilan rendah atau di daerah terpencil,