Page 130 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 130

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

           118    (2)  Aksesibilitas
                      OERs sering  tersedia secara daring, sedangkan peserta  didik
                      mungkin  tidak  memiliki  akses  internet  yang  andal,  terutama  di
                      daerah perdesaan atau berpenghasilan rendah.
                  (3)  Kurangnya dukungan
                      OERs mungkin tidak dilengkapi dengan dukungan yang sama
                      seperti materi pendidikan komersial yang mengandung panduan
                      bagi pengajar atau kunci jawaban.
                  (4)  Pilihan terbatas
                      Meskipun OERs dapat menjadi sumber pembelajaran yang bagus,
                      jumlah OERs yang tersedia mungkin terbatas untuk mata pelajaran
                      tertentu, pada tingkat pendidikan tertentu, atau dalam bahasa
                      tertentu.
                  (5)  Memperbarui
                      OERs belum tentu diperbarui sesering materi komersial sehingga
                      dapat membuat OERs menjadi kurang relevan dari waktu ke waktu.
                  (6)  Integrasi
                      OERs mungkin tidak terintegrasi dengan baik melalui sistem
                      pendidikan yang ada serta mungkin memerlukan waktu dan upaya
                      tambahan untuk menerapkannya.
                  (7)  Penilaian kualitas
                      OERs mungkin tidak memiliki kualitas yang sama dengan materi
                      pendidikan tradisional dan mungkin sulit untuk menilai kualitas
                      OERs sebelum menggunakannya.

                      Walaupun demikian, penting untuk dicatat bahwa meskipun
                  OERs mungkin memiliki keterbatasan, banyak organisasi dan individu
                  yang terus bekerja untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas OERs
                  sehingga sangat potensial bagi dunia pendidikan. Berdasarkan literatur
                  dan studi-studi yang dilakukan (Atkins, Brown, & Hammond, 2007; Hilton,
                  2016; Hilton III, Wiley, Stein, & Johnson, 2010; Jhangiani, Pitt, Hendricks,
                  Key, & Lalonde, 2016;  Wiley, Bliss, & McEwen, 2014), OER berpotensi
                  untuk hal-hal berikut.
                  (1)  Penghematan biaya
                      OERs tersedia secara bebas dan dapat membantu menurunkan
                      biaya pendidikan bagi peserta dengan menghilangkan kebutuhan
                      untuk membeli buku teks dan materi lainnya yang mahal.
                  (2)  Peningkatan aksesibilitas
                      OERs dapat membuat pendidikan lebih  mudah diakses  oleh
                      masyarakat dan peserta didik, terutama mereka yang berasal dari
                      latar belakang berpenghasilan rendah atau di daerah terpencil,
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135