Page 127 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 127

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          BC open textbook ini telah menghasilkan lebih dari 3.572  judul buku   115
          yang telah digunakan oleh lebih dari 882 orang pengajar bagi lebih dari
          774.000 siswa/mahasiswa di 43 institusi pendidikan. Penggunaan open
          textbook ini diperkirakan telah membantu peserta didik pada 2012‒2023
          menghemat biaya pendidikan hampir sebesar C$32,5 juta atau sekitar
          373  miliar  rupiah   (https://open.bccampus.ca/open-textbook-stats/).
          Inisiatif ini telah diikuti oleh provinsi-provinsi lain di Kanada.
              Di Amerika Serikat, untuk membantu pemerintah menurunkan
          biaya textbook di perguruan tinggi, Creative Commons USA meluncurkan
          satu pedoman pada tahun 2018.  Pedoman yang diberi judul OER State
          Legislative Guide ini dimaksudkan agar para pengambil kebijakan
          menyadari dan memahami potensi OERs untuk menurunkan biaya
          pendidikan (https://creativecommonsusa.org/index.php/2018/10/30/
          oer-in-practice/). Sekarang, setidaknya 28 negara bagian telah memiliki
          kebijakan untuk  mengadopsi  dan  mendukung  penggunaan  OERs
          secara  resmi   (https://sparcopen.org/our-work/list-of-oer-policies-
          projects/). Pada tingkat nasional, menyadari tingginya biaya buku teks
          yang menyebabkan tingginya student debt di tingkat pendidikan tinggi,
          Kongres Amerika Serikat meluncurkan program  open textbook pada
          2018 dengan dana hibah bagi institusi-institusi pendidikan sebesar US$5
          juta. Program ini terus berlanjut dengan dana yang lebih besar dan pada
          tahun 2020 ini anggarannya mencapai US$7 juta (https: //sparcopen.org/
          news/2019/congress-renews-open-textbook-pilot-grant-program-with-
          7-million/). Penggunaan OERs ini disebutkan telah menghemat banyak
          biaya pendidikan. Beberapa studi yang telah melakukan penghitungan
          penghematan biaya ini sebagai berikut.
          ●   Studi yang dilakukan oleh Achieving a Dream, sebuah komunitas
              yang terdiri atas sekitar 300 akademi komunitas (community
              college) menyebutkan bahwa pemanfaatan OERs oleh banyak
              mahasiswa telah menghemat biaya yang dikeluarkan sekitar
              US$2,7 juta (https://achievingthedream.org/ oer-at-scale-the-
              academic-and-economic-outcomes-of-the-oer-degree-initiative/).
              Hal ini dihitung dari penggunaan OER oleh 160.000 mahasiswa
              yang mengambil 6.600 mata kuliah pada program-program yang
              ditawarkan 38 akademi komunitas di 13 negara bagian Amerika.
          ●    Survei yang dilakukan oleh Babson Survey Group juga menemukan
              bahwa lebih dari 50% dari dosen yang disurvei mengaku bahwa
              mahasiswa mereka telah berhemat antara US$51‒250 per mata
              kuliah karena penggunaan OERs (Allen & Seaman, 2014).
          ●    Studi yang dilakukan oleh Student Public Interest Group juga
              menyebutkan bahwa penggunaan OERs telah menghemat biaya
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132