Page 127 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 127
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
BC open textbook ini telah menghasilkan lebih dari 3.572 judul buku 115
yang telah digunakan oleh lebih dari 882 orang pengajar bagi lebih dari
774.000 siswa/mahasiswa di 43 institusi pendidikan. Penggunaan open
textbook ini diperkirakan telah membantu peserta didik pada 2012‒2023
menghemat biaya pendidikan hampir sebesar C$32,5 juta atau sekitar
373 miliar rupiah (https://open.bccampus.ca/open-textbook-stats/).
Inisiatif ini telah diikuti oleh provinsi-provinsi lain di Kanada.
Di Amerika Serikat, untuk membantu pemerintah menurunkan
biaya textbook di perguruan tinggi, Creative Commons USA meluncurkan
satu pedoman pada tahun 2018. Pedoman yang diberi judul OER State
Legislative Guide ini dimaksudkan agar para pengambil kebijakan
menyadari dan memahami potensi OERs untuk menurunkan biaya
pendidikan (https://creativecommonsusa.org/index.php/2018/10/30/
oer-in-practice/). Sekarang, setidaknya 28 negara bagian telah memiliki
kebijakan untuk mengadopsi dan mendukung penggunaan OERs
secara resmi (https://sparcopen.org/our-work/list-of-oer-policies-
projects/). Pada tingkat nasional, menyadari tingginya biaya buku teks
yang menyebabkan tingginya student debt di tingkat pendidikan tinggi,
Kongres Amerika Serikat meluncurkan program open textbook pada
2018 dengan dana hibah bagi institusi-institusi pendidikan sebesar US$5
juta. Program ini terus berlanjut dengan dana yang lebih besar dan pada
tahun 2020 ini anggarannya mencapai US$7 juta (https: //sparcopen.org/
news/2019/congress-renews-open-textbook-pilot-grant-program-with-
7-million/). Penggunaan OERs ini disebutkan telah menghemat banyak
biaya pendidikan. Beberapa studi yang telah melakukan penghitungan
penghematan biaya ini sebagai berikut.
● Studi yang dilakukan oleh Achieving a Dream, sebuah komunitas
yang terdiri atas sekitar 300 akademi komunitas (community
college) menyebutkan bahwa pemanfaatan OERs oleh banyak
mahasiswa telah menghemat biaya yang dikeluarkan sekitar
US$2,7 juta (https://achievingthedream.org/ oer-at-scale-the-
academic-and-economic-outcomes-of-the-oer-degree-initiative/).
Hal ini dihitung dari penggunaan OER oleh 160.000 mahasiswa
yang mengambil 6.600 mata kuliah pada program-program yang
ditawarkan 38 akademi komunitas di 13 negara bagian Amerika.
● Survei yang dilakukan oleh Babson Survey Group juga menemukan
bahwa lebih dari 50% dari dosen yang disurvei mengaku bahwa
mahasiswa mereka telah berhemat antara US$51‒250 per mata
kuliah karena penggunaan OERs (Allen & Seaman, 2014).
● Studi yang dilakukan oleh Student Public Interest Group juga
menyebutkan bahwa penggunaan OERs telah menghemat biaya