Page 131 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 131

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

              dengan menyediakan akses gratis dan terbuka ke materi pendidikan   119
              berkualitas tinggi.
          (3)  Kontekstualisasi dan kustomisasi
              OERs dapat direvisi dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan
              spesifik peserta didik, pengajar, dan institusi yang berbeda.
          (4)  Fleksibilitas
              OERs dapat digunakan dalam berbagai pengaturan pendidikan,
              termasuk kelas tatap muka tradisional, kelas daring, dan lingkungan
              belajar mandiri.
          (5)  Kolaborasi
              OERs dapat memfasilitasi kolaborasi antara pendidik dan peserta
              didik dengan memungkinkan berbagi dan me-remix materi
              pendidikan.
          (6)  Inovasi
              OERs dapat mempromosikan inovasi dalam pengajaran dan
              pembelajaran dengan memungkinkan pendidik dan peserta
              didik untuk bereksperimen dengan pendekatan dan teknologi
              pedagogis baru.
          (7)  Kesetaraan
              OERs dapat mempromosikan kesetaraan dalam pendidikan dengan
              menyediakan akses ke materi pendidikan berkualitas tinggi kepada
              semua orang terlepas dari latar belakang atau lokasi mereka.

              Secara keseluruhan, OERs dinilai dapat membantu meningkatkan
          efektivitas, efisiensi, dan kesetaraan pendidikan dengan menyediakan
          akses ke sumber pembelajaran berkualitas tinggi, fleksibel, dan dapat
          disesuaikan untuk kebutuhan spesifik pendidik dan peserta didik. Dalam
          kenyataannya, gerakan OERs telah mengubah cara pembuatan dan
          pendistribusian sumber daya pembelajaran. Paradigma berbagi telah
          berdampak besar pada infrastruktur PJJ karena universitas pendidikan
          jarak jauh sekarang dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar
          tanpa harus menghasilkan semuanya dari awal. Akibatnya,  institusi
          PJJ sekarang tidak lagi dituntut untuk memiliki fasilitas produksi dan
          distribusi bahan pembelajaran secara khusus dan tersentral sehingga
          OERs telah menjadi bagian dari input penting dalam penyelenggaraan
          PJJ atau pjj.

          MASSIVE OPEN ONLINE COURSES (MOOCS)

              Salah  satu  jenis  OERs  yang  populer  adalah  massive open online
          courses (MOOCs). MOOCs adalah pembelajaran  online secara terbuka
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136