Page 124 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 124
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
112 SUMBER PEMBELAJARAN TERBUKA SEBAGAI INFRASTRUKTUR PJJ
Manfaat terbesar teknologi bagi pjj dan khususnya pjj daring adalah
terbukanya kesempatan untuk
(1) meluaskan ruang belajar dari sebatas dinding-dinding kelas ke
jejaring global yang hampir tanpa batas;
(2) meningkatkan waktu belajar mengajar dari sebatas waktu
pertemuan dalam kelas secara fisik ke 24 jam x 7 hari tanpa jeda;
dan
(3) memperkaya sumber belajar dari hanya seorang guru ke jejaring
pakar dan pustaka global yang sangat kaya dalam beragam format
media mulai dari sumber belajar berbasis teks, audio, video,
simulasi, game, dan sebagainya.
Manfaat terkait sumber belajar ini sungguh luar biasa apabila
digunakan secara optimal. Pengajar dapat merancang pembelajarannya
secara lebih kreatif dan inovatif sehingga memperkaya pengalaman
belajar para peserta didik.
Melimpahnya sumber belajar di internet berawal dari gerakan
global open movement yang dimulai gerakan open-source software
(OSS) dari para praktisi/aktivis TIK yang telah menghasilkan berbagai
computer software terbuka yang gratis dan dapat dimodifikasi.
Dampak dari gerakan OSS ini sangat signifikan karena telah memicu
gerakan keterbukaan serupa pada bidang pendidikan. Seiring dengan
perkembangan teknologi world wide web (www) menjadi bersifat
interaktif, banyak orang kemudian mengunggah (upload) hasil karya
ciptaannya ke internet. Hal ini telah melahirkan budaya sharing di
kalangan para pengguna internet. Materi-materi yang tersedia di
internet mengikuti paradigma open movement. Itu menjadi terbuka bagi
siapa saja untuk memanfaatkannya dan tampaknya banyak pencipta
yang tidak keberatan jika hasil karyanya digunakan oleh orang lain. Hal
inilah yang melahirkan apa yang disebut open content.
Open content didefinisikan sebagai berikut.
… any copyrightable work (traditionally excluding software, which
is described by other terms like “open source”) that is either (1) in the
public domain or (2) licensed in a manner that provides everyone with
free and perpetual permission to engage in the 5R … (opencontent.
org).