Page 121 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 121

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
              Praktik lembaga akreditasi dan penjaminan mutu nasional   109
          pada  umumnya juga dipengaruhi  oleh  organisasi  transnasional  yang
          bertujuan  untuk  memberi  panduan  serta  mendukung  dan  mengakui
          badan akreditasi/QA nasional. Ketika mendefinisikan standar dan proses
          QA dan akreditasi, lembaga pada tingkat nasional sering merujuk
          kerangka kerja badan QA regional atau internasional (Jung, 2022) untuk
          memastikan komparabilitas program studi dan kredensial serta untuk
          meningkatkan mobilitas peserta didik.
              Ada beberapa lembaga QA/akreditasi yang menjadi rujukan
          lembaga-lembaga  akreditasi negara-negara secara individual. Secara
          global, ada International Network of Quality Assurance Agencies in
          Higher Education (INQAAHE) yang kantor pusatnya berada di Barcelona,
          Spanyol. INQAAHE adalah asosiasi global yang didirikan tahun 1991 dan
          dirancang menjadi organisasi pendukung dan inklusif bagi lembaga-
          leambaga penjaminan mutu internal ataupun eksternal (akreditasi).
          INQAAHE saat ini menaungi lebih dari 300 organisasi yang aktif dalam
          teori dan praktik jaminan kualitas di pendidikan tinggi. Dalam beberapa
          dekade terakhir, PJJ telah menjadi bagian penting dalam ruang lingkup
          penjaminan mutu INQAAHE.
              Di Eropa, ada European Network for Quality Assurance Agencies
          (ENQA) yang berupaya mempromosikan penyelarasan lembaga QA
          Eropa dengan European Standards and Guidelines for Quality Assurance
          in the European Higher Education Area (ESG) (ENQA, 2015 dalam
          Zawacki et al., 2022).  ENQA pertama kali didirikan pada tahun 2000
          sebagai European Network for Quality Assurance in Higher Education
          untuk mempromosikan kerja sama Eropa di bidang penjaminan mutu
          di pendidikan tinggi. Pada tahun 2004, ENQA menjadi European
          Association for Quality Assurance in Higher Education dengan tujuan
          berkontribusi pada pemeliharaan dan peningkatan kualitas pendidikan
          tinggi Eropa serta bertindak sebagai kekuatan pendorong utama untuk
          pengembangan jaminan mutu di semua negara penanda tangan
          Bologna Process.
              Di Asia Pasifik, juga ada Asia-Pacific Quality Network (APQN) yang
          merupakan  organisasi  nonpemerintah  dan  bersifat  nirlaba sebagai
          payung regional lembaga penjaminan mutu dan akreditasi di pendidikan
          tinggi untuk kawasan Asia Pasifik. APQN didirikan pada tahun 2003 dan
          memiliki  misi  mempromosikan  jejaring  lembaga  penjaminan  mutu,
          pertukaran praktik terbaik, dan pengembangan sistem jaminan mutu
          nasional di tingkat pendidikan tinggi dengan tujuan meningkatkan
          kualitas pendidikan tinggi di kawasan Asia Pasifik. APQN memiliki 253
          anggota dari 45 negara dan wilayah.
   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126