Page 105 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 105

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          Quality Assurance Toolkit dari APEC                           93

              Sebagai respons terhadap perkembangan model pendidikan
          daring  dan blended,  APEC  mengembangkan  semacam panduan  yang
          disebut  sebagai  toolkit,  yaitu  referensi  untuk  penjaminan  mutu  PJJ
          bagi  institusi  di  negara-negara anggotanya.  Toolkit  dikembangkan
          tahun 2016‒2017 bersama dengan berbagai pemangku kepentingan
          dari kalangan pakar pemerintahan, lembaga penjaminan mutu, dan
          lembaga pendidikan tinggi di 13 negara kawasan ekonomi APEC.
              Walaupun toolkit ini dikembangkan dalam rangka pendidikan dan
          pembelajaran  daring  serta  bauran/blended, toolkit  juga  dimaksudkan
          untuk dapat digunakan dalam penjaminan mutu modus pendidikan
          lainnya.  Toolkit  meliputi  sembilan  domain/area  mutu  yang  secara
          bersama-sama dirancang untuk mewakili visi holistik tentang
          ‘budaya mutu’ terhadap pendidikan daring dan  blended (University
          of Merlbourne, 2019). Dalam kerangka ini, ada empat domain yang
          mewakili area praktik PJJ institusi dan setiap domain dijabarkan dalam
          ‘prinsip’ yang menyatakan praktik terbaik (best practice), ‘temuan
          penelitian’ yang merangkum penelitian terbaru tentang mutu terkait
          domain, ‘titik fokus’ yang merupakan pertanyaan inti untuk institusi pada
          aspek mutu terkait, serta ‘bukti’  yang diperlukan untuk menunjukkan
          praktik  penerapan  prinsip  mutu  terkait.  Kesembilan  domain  tersebut
          adalah  (1) kepemimpinan  dan manajemen,  (2) profil kepegawaian
          dan pengembangan profesional, (3) Peninjauan dan peningkatan, (4)
          sumber daya, (5) informasi dan dukungan belajar bagi peserta didik,
          (6) pengalaman peserta didik, (7) desain kurikulum, (8) penilaian dan
          integritas, serta (9) hasil belajar.  Tabel 3.3 menyajikan keseluruhan  QA
          toolkit APEC.
   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110