Page 105 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 105
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
Quality Assurance Toolkit dari APEC 93
Sebagai respons terhadap perkembangan model pendidikan
daring dan blended, APEC mengembangkan semacam panduan yang
disebut sebagai toolkit, yaitu referensi untuk penjaminan mutu PJJ
bagi institusi di negara-negara anggotanya. Toolkit dikembangkan
tahun 2016‒2017 bersama dengan berbagai pemangku kepentingan
dari kalangan pakar pemerintahan, lembaga penjaminan mutu, dan
lembaga pendidikan tinggi di 13 negara kawasan ekonomi APEC.
Walaupun toolkit ini dikembangkan dalam rangka pendidikan dan
pembelajaran daring serta bauran/blended, toolkit juga dimaksudkan
untuk dapat digunakan dalam penjaminan mutu modus pendidikan
lainnya. Toolkit meliputi sembilan domain/area mutu yang secara
bersama-sama dirancang untuk mewakili visi holistik tentang
‘budaya mutu’ terhadap pendidikan daring dan blended (University
of Merlbourne, 2019). Dalam kerangka ini, ada empat domain yang
mewakili area praktik PJJ institusi dan setiap domain dijabarkan dalam
‘prinsip’ yang menyatakan praktik terbaik (best practice), ‘temuan
penelitian’ yang merangkum penelitian terbaru tentang mutu terkait
domain, ‘titik fokus’ yang merupakan pertanyaan inti untuk institusi pada
aspek mutu terkait, serta ‘bukti’ yang diperlukan untuk menunjukkan
praktik penerapan prinsip mutu terkait. Kesembilan domain tersebut
adalah (1) kepemimpinan dan manajemen, (2) profil kepegawaian
dan pengembangan profesional, (3) Peninjauan dan peningkatan, (4)
sumber daya, (5) informasi dan dukungan belajar bagi peserta didik,
(6) pengalaman peserta didik, (7) desain kurikulum, (8) penilaian dan
integritas, serta (9) hasil belajar. Tabel 3.3 menyajikan keseluruhan QA
toolkit APEC.