Page 100 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 100
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
2. Sistem pendukung bagi peserta didik
88
Ada berbagai macam mekanisme dukungan belajar untuk beragam
peserta didik dengan kebutuhan yang berbeda. Dukungan belajar
meliputi dukungan untuk kebutuhan akademik dan nonakademik
peserta didik; memanfaatkan data peserta didik untuk memungkinkan
penyediaan dukungan yang tepat waktu jika diperlukan; memanfaatkan
teknologi tepat guna secara efektif; dan menempatkan keberhasilan
peserta didik sebagai titik fokus.
Kriteria
(1) Penyedia blended/e-learning menggunakan profil peserta didik
yang akurat untuk memutuskan dukungan yang sesuai untuk
peserta didik yang berbeda.
(2) Peserta didik mendapat informasi tentang jadwal yang akan diikuti
pada awal tahun/semester melalui media informasi yang sesuai.
(3) Survei kepuasan peserta didik dilakukan secara berkala untuk
menentukan kesesuaian mekanisme dukungan yang diberikan.
(4) Layanan dukungan bagi peserta didik ditingkatkan dengan
meningkatnya jumlah yang terdaftar.
(5) Staf pengajar memberikan umpan balik yang komprehensif dan
tepat waktu atas tugas untuk meningkatkan pembelajaran yang
efektif.
(6) Ada kebijakan tentang waktu penyelesaian/pemberian jawaban
untuk pertanyaan peserta didik.
(7) Pada LMS, terdapat informasi aturan tentang bagaimana peserta
didik dapat mengajukan pertanyaan dan mendapat tanggapan
dari orang-orang yang bertanggung jawab di universitas.
(8) Institusi melakukan peninjauan rutin atas penggunaan sumber
daya untuk menentukan layanan pendukung mana yang
digunakan dan mana yang tidak.
(9) Kunjungan rutin dilakukan oleh staf pendukung ke pusat-pusat
terpencil untuk bertemu dengan peserta didik yang belajar dalam
kondisi kurang baik. Ada sistem komunikasi yang efektif dengan
semua peserta didik yang terdaftar pada program.
(10) Pada mata kuliah yang diselenggarakan secara blended, ada
perhatian dan kebijakan untuk peserta didik yang kurang
beruntung yang tidak dapat mengakses teknologi yang relevan.
3. Pengembangan materi pembelajaran
Materi pembelajaran dalam format yang sesuai memberikan
akses mudah kepada peserta didik. Terdapat koherensi antara materi