Page 100 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 100

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
                  2.   Sistem pendukung bagi peserta didik
            88
                      Ada berbagai macam mekanisme dukungan belajar untuk beragam
                  peserta didik dengan kebutuhan yang berbeda. Dukungan belajar
                  meliputi dukungan untuk kebutuhan akademik dan nonakademik
                  peserta didik; memanfaatkan data peserta didik untuk memungkinkan
                  penyediaan dukungan yang tepat waktu jika diperlukan; memanfaatkan
                  teknologi tepat guna secara efektif; dan menempatkan keberhasilan
                  peserta didik sebagai titik fokus.

                  Kriteria
                  (1)  Penyedia  blended/e-learning menggunakan profil peserta didik
                      yang  akurat  untuk  memutuskan  dukungan  yang  sesuai  untuk
                      peserta didik yang berbeda.
                  (2)  Peserta didik mendapat informasi tentang jadwal yang akan diikuti
                      pada awal tahun/semester melalui media informasi yang sesuai.
                  (3)  Survei kepuasan peserta didik dilakukan secara berkala untuk
                      menentukan kesesuaian mekanisme dukungan yang diberikan.
                  (4)  Layanan dukungan bagi peserta didik ditingkatkan dengan
                      meningkatnya jumlah yang terdaftar.
                  (5)  Staf pengajar memberikan umpan balik yang komprehensif dan
                      tepat waktu atas tugas untuk meningkatkan pembelajaran yang
                      efektif.
                  (6)  Ada kebijakan tentang waktu penyelesaian/pemberian jawaban
                      untuk pertanyaan peserta didik.
                  (7)  Pada LMS, terdapat informasi aturan tentang bagaimana peserta
                      didik  dapat mengajukan pertanyaan dan  mendapat  tanggapan
                      dari orang-orang yang bertanggung jawab di universitas.
                  (8)  Institusi melakukan peninjauan rutin atas penggunaan sumber
                      daya untuk menentukan layanan pendukung mana yang
                      digunakan dan mana yang tidak.
                  (9)  Kunjungan rutin dilakukan oleh staf pendukung ke pusat-pusat
                      terpencil untuk bertemu dengan peserta didik yang belajar dalam
                      kondisi kurang baik. Ada sistem komunikasi yang efektif dengan
                      semua peserta didik yang terdaftar pada program.
                  (10)  Pada  mata  kuliah  yang  diselenggarakan  secara  blended,  ada
                      perhatian dan kebijakan untuk peserta didik yang kurang
                      beruntung yang tidak dapat mengakses teknologi yang relevan.

                  3.   Pengembangan materi pembelajaran
                      Materi pembelajaran dalam format yang sesuai memberikan
                  akses mudah kepada peserta didik. Terdapat koherensi antara materi
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105