Page 98 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 98
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
Quality Assurance Guidelines dari COL
86
Pedoman ini dikembangkan oleh The Commonwhealth of Learning
Regional Community of Practice (CoP) atau Komunitas Praktik Regional
Commonwealth of Learning (COL) yang telah diujicobakan di Afrika
Selatan pada tahun 2018 dan terdiri atas tujuh standar, yaitu (1) desain
program, (2) sistem pendukung bagi peserta didik, (3) pengembangan
materi pembelajaran, (4) penilaian hasil belajar peserta didik, (5)
prasarana dan sarana, (6) staf, serta (7) sistem dan struktur pendidikan
terbuka dan jarak jauh yang digunakan. Pedoman ini juga disertai
dengan petunjuk bagaimana proses tinjauan mutu harus dilakukan
oleh institusi PJJ, termasuk berapa sampel peserta didik yang sebaiknya
dilibatkan, berapa jumlah matakuliah yang sebaiknya ditinjau, siapa
saja staf yang harus dilibatkan, dan sebagainya (Commonwhealth of
Learning, 2019).
Untuk setiap rangkaian standar, institusi diminta untuk
mendokumentasikan kekuatan dan kekurangan yang diidentifikasi
dalam aspek tersebut, tindakan kelembagaan untuk memperbaiki
kelemahan yang teridentifikasi dan tantangan yang dihadapi terkait
dengan standar yang telah digunakan. Peringkat yang digunakan
dan bagaimana mengukur tingkat kinerja untuk setiap kriteria dalam
pedoman sebagai berikut.
Peringkat Tingkat Performa Deskripsi
3 Melebihi/Selalu Bukti kriteria jelas,
sesuai untuk kursus, dan
menunjukkan “praktik
terbaik”.
2 Terpenuhi/Sering Bukti kriteria jelas dan
sesuai untuk kursus, tetapi
ada beberapa ruang untuk
peningkatan.
1 Sebagian Terpenuhi/ Bukti kriteria ada, tetapi
Terkadang perlu disajikan lebih jelas
dan/atau dikembangkan
lebih lanjut.
0 Tidak Terpenuhi/Jarang Tidak ada bukti kriteria
atau Tidak Pernah yang ada atau ada, tetapi
tidak sesuai untuk kursus.