Page 103 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 103
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
(7) Ada mekanisme untuk secara teratur mengevaluasi kecukupan 91
dan aksesibilitas sumber daya dan layanan untuk peserta didik
serta langkah-langkah tepat perbaikan yang harus diambil dalam
mengatasi kekurangan.
(8) Ada perjanjian tertulis untuk fasilitas institusi lain yang harus
digunakan oleh peserta didik.
(9) Institusi tetap bertanggung jawab atas penyediaan layanan yang
berkualitas kepada peserta didik walaupun jika peserta didik harus
menggunakan fasilitas milik institusi lain.
6. Staf
Penyedia PJJ memiliki struktur kepegawaian yang sesuai dan
program pembelajaran didukung oleh staf pendukung administrasi,
akademik, teknis, dan lainnya yang cukup dengan kualifikasi dan
pengalaman yang sesuai. Tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan
staf tersebut didefinisikan dengan jelas. Ada pengembangan staf
yang sistematis untuk memastikan bahwa staf tetap up to date dengan
perkembangan dan dapat melakukan tugasnya secara efektif.
Kriteria
(1) Staf modus pjj yang relevan dengan kualifikasi yang sesuai direkrut
secara transparan.
(2) Perekrutan staf proporsional terhadap jumlah pendaftar dan
persyaratan program.
(3) Staf teknis dan pendukung cukup memenuhi syarat untuk
pekerjaan yang mereka lakukan.
(4) Ada kebijakan tentang pengembangan staf berkelanjutan untuk
staf agar tetap up to date dengan perkembangan terbaru dalam
disiplin ilmu mereka.
(5) Staf memiliki sumber daya, fasilitas penelitian, dan kondisi kerja
yang kondusif untuk memberikan pengalaman belajar yang kaya
dan koheren melalui berbagai modus pembelajaran.
(6) Staf direkrut, dipantau, didukung, dan dikoordinasikan untuk
peran dan tugas khusus yang mereka lakukan.
(7) Beban kerja memungkinkan pengembangan dan pengembangan
kembali materi kurikulum dan pembelajaran serta orientasi,
bimbingan belajar, dan layanan remedial untuk semua peserta
didik.
(8) Staf didukung untuk memanfaatkan sumber daya yang
sesuai, termasuk sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang
meningkatkan pembelajaran dalam konteks pjj yang fleksibel.