Page 104 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 104
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
7. Sistem dan struktur pendidikan terbuka dan jarak jauh
92
Terdapat sistem dan struktur PJJ yang tepat yang memungkinkan
pemberian dukungan yang efektif kepada peserta didik. Sistem dan
struktur ini mempertimbangkan kekhasan modus pembelajaran yang
digunakan dan kebutuhan peserta didik.
Kriteria
(1) Tersedia strategi advokasi institusional yang tepat untuk
menyampaikan informasi kepada calon peserta didik dan orang
tua.
(2) Ada sistem rekrutmen peserta didik yang adil dan transparan
berdasarkan kebijakan.
(3) Tersedia sistem pendaftaran yang efisien untuk peserta didik di
lokasi yang berbeda.
(4) Ada prosedur untuk memastikan penyediaan materi pembelajaran,
tugas, tutorial yang relevan, dan jadwal ujian yang tepat waktu
kepada peserta didik.
(5) Ada sistem dan fasilitas yang sesuai untuk memastikan keamanan
ujian.
(6) Ada sistem dan proses jaminan mutu yang memastikan kualitas
program.
(7) Ada kebijakan dan proses penjaminan mutu materi pembelajaran.
(8) Ada sistem dan proses penjaminan mutu dalam pemeriksaan tugas
dan ujian.
(9) Ada sistem dan proses penjaminan mutu pencatatan data dan
keamanan data nilai peserta didik.
(10) Terdapat sistem dan proses penjaminan mutu dalam menangani
pertanyaan/banding peserta didik.
(11) Ada kebijakan dan proses jaminan mutu yang memastikan mutu
penilaian.
(12) Ada sistem dan proses yang memastikan mutu dalam pemrosesan
hasil belajar dan akurasi dalam sertifikasi.
(13) Ada sistem pelacakan peserta didik yang terdaftar untuk
memfasilitasi retensi peserta didik dan penyelesaian tepat waktu.
(14) Ada sistem komunikasi yang efisien antara pusat-pusat layanan
yang terdesentralisasi dan kantor pusat.
(15) Pusat-pusat layanan di luar kantor pusat memiliki kapasitas untuk
mengoordinasikan dan memantau penyelenggaraan program
akademik.
(16) Sumber daya keuangan dialokasikan untuk memfasilitasi
penyelenggaraan pjj yang bermutu.