Page 101 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 101

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          pembelajaran dan capaian pembelajaran, isi mata kuliah, dan penilaian.   89
          Materi pembelajaran diajarkan dengan cara yang koheren, melibatkan
          peserta didik, dan mempromosikan pengembangan  pemecahan
          masalah dan keterampilan berpikir kritis. Materi pembelajaran dievaluasi
          dan diperbarui secara berkala.

          Kriteria
          (1)  Diberikan waktu yang cukup memadai untuk berbagai proses
              pengembangan materi pembelajaran yang berlangsung (misalnya,
              reviu konten, edit bahasa; type-setting, atau pemeriksaan kualitas
              melalui tinjauan sejawat).
          (2)  Akademisi yang terlibat dalam PJJ dilatih dalam desain instruksional
              untuk bahan pembelajaran (cetak dan online).
          (3)  Materi yang relevan (cetak/online) untuk program ini
              dikembangkan.
          (4)  Manual untuk pengembangan materi pembelajaran secara internal
              dikembangkan agar diikuti dan dipatuhi oleh pengembang materi.
          (5)  Pengembangan materi pembelajaran didasarkan pada prinsip-
              prinsip desain instruksional yang baik dalam rangka mendorong
              pembelajaran aktif dan mendalam yang melibatkan peserta didik.
          (6)  Konten akurat dan terkini.
          (7)  Konten sesuai dengan tujuan dan sasaran akhir mata kuliah dan
              dilengkapi contoh yang relevan.
          (8)  Konten mencerminkan keragaman multikultural peserta didik.
          (9)  Semua materi pembelajaran berupa panduan, termasuk tugas,
              sudah siap sebelum pendaftaran peserta didik.
          (10)  Pengembangan materi pembelajaran oleh tim dan melibatkan
              pakar dengan keilmuan yang relevan.
          (11)  Materi pembelajaran direviu pakar substansi mata kuliah sebelum
              digunakan.
          (12)  Untuk mendukung pembelajara, digunakan materi dari sumber
              pembelajaran terbuka/OER secara aktif.

          4.   Penilaian hasil belajar peserta didik
              Memiliki strategi penilaian  yang efektif, valid, dan  reliable.
          Tersedia mekanisme jaminan keamanan dan kualitas yang tepat untuk
          memastikan integritas proses penilaian. Ada kebijakan tentang proses
          banding bagi peserta didik serta informasi yang jelas tentang kebijakan
          durasi waktu penyelesaian banding tersebut yang diikuti dalam praktik.
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106