Page 99 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 99
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
Peringkat Tingkat Performa Deskripsi 87
Tidak Standar tidak berlaku Misalnya, sesuatu yang
Relevan hanya berlaku untuk mata
kuliah yang sepenuhnya
daring, sementara Anda
mengajar blended learning.
Berdasarkan hal tersebut, peninjauan mutu dilakukan pada setiap
kriteria mutu yang ada dalam masing-masing standar. Pemenuhan
standar untuk setiap kriteria harus dielaborasi dengan didukung oleh
bukti, kemudian diberi peringkat pemenuhan standar. Secara terperinci,
berikut adalah kriteria untuk setiap standar.
1. Desain program
Program akademik fleksibel dan relevan dengan kebutuhan
ekonomi dan calon peserta didik serta pengguna lulusan/pemberi kerja;
responsif terhadap lingkungan yang berubah; memberikan artikulasi
yang tepat; serta memiliki strategi penilaian yang efektif dan sejalan
dengan hasil yang relevan.
Kriteria
(1) Program selaras dengan visi dan misi institusi.
(2) Ada alasan dan pembenaran yang kuat untuk menawarkan
program e-learning (ataupun blended learning) tersebut.
(3) Maksud dan tujuan program PJJ diartikulasikan dengan jelas.
(4) Hasil belajar selaras dengan tujuan, kegiatan, dan penilaian mata
kuliah.
(5) Hasil program dinyatakan dengan baik dan sejalan dengan tingkat
kualifikasi pada National Quality Framework (NQF).
(6) Program jarak jauh/campuran/e-learning bersifat berkelanjutan.
(7) Program ini meningkatkan akses dan kesuksesan peserta didik,
termasuk untuk yang berkebutuhan khusus.
(8) Peraturan program (persyaratan penerimaan, perkembangan,
penilaian, dan lain-lain) diuraikan dengan jelas.
(9) Program jarak jauh/campuran/e-learning mencakup isu-isu baru
yang ada.
(10) Program jarak jauh/campuran /e-learning ditinjau secara berkala
untuk memastikan bahwa program ini terus dimutakhirkan sesuai
dengan perkembangan di lapangan dan dengan teknologi terbaru.