Page 99 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 99

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

           Peringkat  Tingkat Performa       Deskripsi                  87
             Tidak    Standar tidak berlaku   Misalnya, sesuatu yang
            Relevan                          hanya berlaku untuk mata
                                             kuliah yang sepenuhnya
                                             daring, sementara Anda
                                             mengajar blended learning.

              Berdasarkan hal tersebut, peninjauan mutu dilakukan pada setiap
          kriteria mutu yang ada dalam masing-masing standar. Pemenuhan
          standar untuk setiap kriteria harus dielaborasi dengan didukung oleh
          bukti, kemudian diberi peringkat pemenuhan standar. Secara terperinci,
          berikut adalah kriteria untuk setiap standar.

          1.   Desain program
              Program  akademik  fleksibel  dan relevan  dengan  kebutuhan
          ekonomi dan calon peserta didik serta pengguna lulusan/pemberi kerja;
          responsif terhadap lingkungan yang berubah; memberikan artikulasi
          yang tepat; serta memiliki strategi penilaian yang efektif dan sejalan
          dengan hasil yang relevan.


          Kriteria
          (1)  Program selaras dengan visi dan misi institusi.
          (2)  Ada alasan dan pembenaran yang kuat untuk menawarkan
              program e-learning (ataupun blended learning) tersebut.
          (3)  Maksud dan tujuan program PJJ diartikulasikan dengan jelas.
          (4)  Hasil belajar selaras dengan tujuan, kegiatan, dan penilaian mata
              kuliah.
          (5)  Hasil program dinyatakan dengan baik dan sejalan dengan tingkat
              kualifikasi pada National Quality Framework (NQF).
          (6)  Program jarak jauh/campuran/e-learning bersifat berkelanjutan.
          (7)  Program ini meningkatkan akses dan kesuksesan peserta didik,
              termasuk untuk yang berkebutuhan khusus.
          (8)  Peraturan program (persyaratan penerimaan, perkembangan,
              penilaian, dan lain-lain) diuraikan dengan jelas.
          (9)  Program jarak jauh/campuran/e-learning mencakup isu-isu baru
              yang ada.
          (10)  Program jarak jauh/campuran /e-learning ditinjau secara berkala
              untuk memastikan bahwa program ini terus dimutakhirkan sesuai
              dengan perkembangan di lapangan dan dengan teknologi terbaru.
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104