Page 204 - Science and Technology For Society 5.0
P. 204
~ Science and Technology for Society 5.0 ~ 167
konsumsi minuman berkarbonasi sebanyak 85,6% (Mutaqin, 2018). Jika hal
ini terus dibiarkan, minuman tradisional akan kehilangan martabatnya
sebagai minuman khas kebanggaan Indonesia. Pengembangan minuman
tradisional agar tetap terus survive di era society 5.0 harus perlu diupayakan.
Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kewibawaan
minuman tradisional Indonesia di tengah gempuran produk minuman
modern antara lain sebagai berikut.
a. Teknologi Pengolahan untuk Minuman Praktis dan Tahan Lama
Andriyanty (2019) melaporkan bahwa produk makanan dan minuman
dengan kemasan dan penyajian yang menarik akan meningkatkan peluang
pembelian produk dalam negeri sebesar 2,207 kali. Peluang ini yang harus
bisa ditangkap oleh produsen minuman tradisional. Selama ini, produksi
minuman tradisional kebanyakan masih menggunakan skala rumah tangga,
dimana produksi pembuatan minuman tradisional masih menggunakan
teknologi sederhana. Hal ini tidak lepas dari budaya asal usul lahirnya
minuman tradisional tersebut. Penyajian minuman tradisional biasa
dilakukan dalam gelas, cangkir atau teko yang asal usulnya erat dengan
sejarah minuman tradisional tersebut. Namun, untuk meningkatkan daya
saing minuman tradisional, khususnya kepada konsumen generasi muda,
teknologi penyajian minuman yang praktis, menarik dan memiliki umur
simpan yang lama bisa untuk diupayakan.
Minuman tradisional yang ada selama ini bisa diinovasikan dalam
bentuk minuman siap saji (ready to drink) yang dikemas dalam botol gelas,
plastik atau karton laminasi. Teknologi pembuatan minuman tradisional
dapat ditambahkan dengan teknologi modern yang dapat mempertahankan
daya simpan seperti teknologi UHT, pasteurisasi dan lain-lain. Tentunya,
segala teknologi yang digunakan ini jangan sampai menghilangkan kekhasan
asli minuman tradisional. Aplikasi teknologi modern pada minuman
tradisional sudah dilakukan oleh beberapa negara. Contohnya adalah
perkembangan thai tea di Indonesia. Thai tea adalah minuman khas
Thailand yang sangat sering kita temui di Indonesia. Thai tea memiliki gerai
minuman dan produk minuman siap saji yang telah dijual di berbagai
supermarket. Dengan kemasan botol yang praktis, thai tea dengan mudah
menjangkau pasar konsumen Indonesia. Inovasi serupa sangat mungkin
dilakukan oleh produk minuman tradisional Indonesia. Bukan hal yang tidak
mungkin jika 5 sampai 10 tahun ke depan produk wedang uwuh, bandrek,