Page 51 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 51

Kegiatan Inti

























                                                                                                                            Pendekatan yang tepat dalam kurikulum 2013 yang diimplementasikan pada tingkat SD
























                                                                                                                            dapat mendukung repormasi pendidikan. TIK bagian dari reformasi pendidikan itu, dimana

























                                                                                                                            dapat mendukung keprofesionalan guru melalui e-pembelajaran. Selain itu,
























                                                                                                                     TIK menjadi sumber pendukung dalam penyediaan materi pembelajaran, informasi dan data

























                                                                                                                     yang akan diakses. Pemanfaatan TIK yang diintegrasikan di dalam pembelajaran juga dapat

























                                                                                                                     meningkatkan  kapasitas  mengajar  guru  seperti  perencanaan  pembelajaran  serta
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   penerapan  pembelajaran

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   aktif.  Penerapan  TIK  di

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   jenjang                                                                                           SD                                                               harus
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          menggunakan

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   pembelajaran                                                                                                                                                               yang
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   berorientasi  pada  siswa





















                                                                                                                                                                                         Gambar 11. Aktivitas Pemanfaatan TIK di Sekolah Dasar


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   sehingga                                                                                                                   diharapkan
















                                                                                                                                                                                                                       (Sumber: www.pena.belajar.kemdikbud.go.id)







                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   pembelajaran  lebih  aktif
























                                                                                                                     dan interaktif dengan pendekatan konstruktivisme.

























                                                                                                                                                                              Berikut ini langkah-langkah kegiatan inti yang perlu dilakukan oleh guru dalam e-
























                                                                                                                     pembelajaran, agar siswa dapat memahami pembelajaran yang diberikan:

























                                                                                                                     1) Mengamati

























                                                                                                                                                         Seorang  guru  sebelum  memulai  pembelajaran  harus  mempersiapkan  Rencana

























                                                                                                                                                         Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuannya mendorong guru untuk mengintegrasikan
























                                                                                                                                                         RPP ke TIK. RPP yang sudah diintegrasikan dengan TIK akan membuat pembelajaran

























                                                                                                                                                         dikelas dalam dua bentuk yaitu terbimbing atau belajar mandiri.

























                                                                                                                     2) Belajar Terbimbing
























                                                                                                                                                         Belajar terbimbing adalah suatu kondisi dimana kelas hanya memiliki 1 perangkat TIK

























                                                                                                                                                         yaitu komputer saja atau leptop saja. Sehingga dalam kondisi tersebut, ada tahapan-
























                                                                                                                                                         tahapan yang harus dilakukan guru dan siswa. Tahapan pertama, guru menampilkan




























































                                                               40                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56