Page 51 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 51
Kegiatan Inti
Pendekatan yang tepat dalam kurikulum 2013 yang diimplementasikan pada tingkat SD
dapat mendukung repormasi pendidikan. TIK bagian dari reformasi pendidikan itu, dimana
dapat mendukung keprofesionalan guru melalui e-pembelajaran. Selain itu,
TIK menjadi sumber pendukung dalam penyediaan materi pembelajaran, informasi dan data
yang akan diakses. Pemanfaatan TIK yang diintegrasikan di dalam pembelajaran juga dapat
meningkatkan kapasitas mengajar guru seperti perencanaan pembelajaran serta
penerapan pembelajaran
aktif. Penerapan TIK di
jenjang SD harus
menggunakan
pembelajaran yang
berorientasi pada siswa
Gambar 11. Aktivitas Pemanfaatan TIK di Sekolah Dasar
sehingga diharapkan
(Sumber: www.pena.belajar.kemdikbud.go.id)
pembelajaran lebih aktif
dan interaktif dengan pendekatan konstruktivisme.
Berikut ini langkah-langkah kegiatan inti yang perlu dilakukan oleh guru dalam e-
pembelajaran, agar siswa dapat memahami pembelajaran yang diberikan:
1) Mengamati
Seorang guru sebelum memulai pembelajaran harus mempersiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuannya mendorong guru untuk mengintegrasikan
RPP ke TIK. RPP yang sudah diintegrasikan dengan TIK akan membuat pembelajaran
dikelas dalam dua bentuk yaitu terbimbing atau belajar mandiri.
2) Belajar Terbimbing
Belajar terbimbing adalah suatu kondisi dimana kelas hanya memiliki 1 perangkat TIK
yaitu komputer saja atau leptop saja. Sehingga dalam kondisi tersebut, ada tahapan-
tahapan yang harus dilakukan guru dan siswa. Tahapan pertama, guru menampilkan
40 Pendidikan Untuk Generasi Z