Page 49 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 49

pelajaran, namun berdasarkan tema/topik. Tentu hal ini semakin terasa bagi guru SD kelas
























                                                                                                                   1 sampai dengan kelas 3.

























                                                                                                                                                                            Sebenarnya  akan  terasa  mudah  pelaksanaan  kurikulum  2013  di  tingkat  SD,  jika

























                                                                                                                   sekolah memiliki panduan yang jelas, role model, dan pastinya media yang beragam terkait
























                                                                                                                   denga tema atau topik yang akan diajarkan guru. Apabila sekolah tersebut tidak memiliki

























                                                                                                                   media tersebut, tentu guru harus berpikir mencari inisiatif. Disini muncul masalah baru,
























                                                                                                                   bagi  guru  SD  yang  tinggal  diperkotaan  tentu  akan  sangat  mudah  memperoleh  dan

























                                                                                                                   mengakses sumber belajar yang akan dijadikan media, namun berbeda hal dengan guru-
























                                                                                                                   guru SD yang sebagian besar berada di pedesaan atau daerah terpencil akan mengalami

























                                                                                                                   kesulitan dan ini bukanlah pekerjaan mudah. Oleh sebab itu diperlukan training yang kontinyu

























                                                                                                                   dan menyeluruh akan pemahaman mengenai kurikulum 2013 dan TIK bagi seluruh guru SD di
























                                                                                                                   Indonesia.

























                                                                                                                                                                                          Dalam  membiasakan  guru  SD  untuk  paham  dan  bisa  menggunakan  TIK  dalam

























                                                                                                                           proses  pembelajaran  nantinya  maka  dilakukan  bimbingan  teknik  model  pembelajaran
























                                                                                                                           berbasis TIK, biasanya disebut dengan e-pembelajaran. E-pembelajaran ini memiliki dua

























                                                                                                                           konsep, pertama belajar menggunakan TIK dan kedua, menggunakan TIK untuk belajar. Dua

























                                                                                                                           konsep tersebut memiliki pemaknaan bahwasanya guru yang belum memiliki skill dasar
























                                                                                                                           menggunakan perangkat TIK, perlu dilatih untuk bisa menggunanya, sementara guru yang

























                                                                                                                           sudah  bisa  menggunakan  perangkat  TIK  diarahkan  untuk  bisa  menggunakan  TIK  dalam
























                                                                                                                           proses  pembelajaran.  Ini  dilakukan  dalam  rangka  penggelompokkan  guru  berdasarkan































































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Belajar                                                                                                                                      Menggunakan











                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                menggunakan                                                                                                                                                                              TIK untuk














                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        TIK                                                                                                                                                       belajar































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Gambar 9. Teknis model pembelajaran berbasis TIK
























































                                                               38                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54