Page 53 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 53

Guru disini tugasnya mengeksplorasi siswa untuk mampu memberikan feedback baik
























                                                                                                                                                       itu pertanyaan maupun menanggapi sambil mencatat dan memberikan penguatan jika

























                                                                                                                                                       siswa sudah melakukan proses tersebut. Kondisi ini akan membuat pembelajaran yang

























                                                                                                                                                       terjadi kondusif dan saling melengkapi. Guru harus mampu melihat potensi yang ada
























                                                                                                                                                       setiap siswanya, baik itu sebagai penanya, menanggapi, kritik mapun saran. Setelah itu

























                                                                                                                                                       barulah guru merumuskan bersama siswa kondisi ideal dari pembelajaran tersebut
























                                                                                                                                                       untuk menemukan jawaban yang tepat.

























                                                                                                                   5) Menggali Informasi

























                                                                                                                                                       Setelah siswa bertanya, langkah selanjutnya adalah guru mendorong siswa agar dapat

























                                                                                                                                                       menggali pengetahuan serta informasi lebih lanjut sehingga pengetahuan tema/topik
























                                                                                                                                                       menjadi lebih dalam. Penggalian informasi ini dapat dilakukan dengan metode individual

























                                                                                                                                                       atau kelompok oleh siswa. Menggali informasi sebaiknya setiap siswa atau kelompok
























                                                                                                                                                       diberikan tugas yang berbeda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Apabila

























                                                                                                                                                       sumber pembelajaran terbatas maka cukup diberikan dengan sudut pandang beragam.

























                                                                                                                                                       Lain  halnya  jika  sumber  belajar  beragam  dan  banyak,  siswa  baik  secara  individu
























                                                                                                                                                       maupun kelompok diminta untuk memahami dan menggali lagi materi yang ada sesuai

























                                                                                                                                                       dengan media yang dimiliki atau yang memungkinkan. Misalnya satu anak/kelompok
























                                                                                                                                                       bagian mencari informasi di internet sementara  siswa/kelompok lain dari  sumber

























                                                                                                                                                       siaran TV, radio, surat kabar, koran, majalah dalan lain sebagainya. Dalam menggali

























                                                                                                                                                       informasi ini dapat dilakukan  pada waktu pembelajaran di kelas  atau di luar kelas
























                                                                                                                                                       tepatnya  di  rumah.  Apabila  sumber  informasinya  terbatas,  maka  guru  dapat

























                                                                                                                                                       menganjurkan kepada siswa baik individu maupun kelompok untuk menggali informasi

























                                                                                                                                                       dari sudut pandang yang berbeda, misalnya  terkait dengan budaya, sosial, agama,
























                                                                                                                                                       kewarganegaraan  dan  lain  sebagainya.  Setelah  selesai  menggali  informasi,  siswa

























                                                                                                                                                       diminta  untuk  membuat  laporan  hasil  dari  penggalian  informasi.  Laporan  hasil
























                                                                                                                                                       penggalian informasi dibuat dalam format yang mudah dipahami siswa, apalagi ini

























                                                                                                                                                       terkait  dengan  siswa  SD.  Nah  guru  bebas  hendaknya  memberikan  bentuk  atau




























































                                                                 42                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58