Page 52 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 52

ilustrasi/gambar/video/animasi/simulasi/teks  yang  berkaitan  dengan  topik  atau
























                                                                                                                                                                                                                    tema pembelajaran dan disesuaikan dengan sasaran. Hal terpenting guru juga harus

























                                                                                                                                                                                                                    memperhatikan  tingkat  pengetahuan  siswa  dan  sebisa  mungkin  dekat  dengan

























                                                                                                                                                                                                                    lingkungan siswa atau mudah dikenali oleh siswa. Tahapan kedua adalah siswa diminta
























                                                                                                                                                                                                                    melakukan pengamatan benda atau tayangan dan mencatat hasil pengamatannya. Guru

























                                                                                                                                                                                                                    harus mengarahkan siswa untuk hal-hal apa saja yang perlu dicatat, misalnya tentang
























                                                                                                                                                                                                                    apa, di mana, dari mana sumbernya, kapan, dan bagaimana tanggapan siswa terhadap

























                                                                                                                                                                                                                    suatu tayangan tersebut. Tahapan terakhir dari hasil pengamatan, siswa didorong dan
























                                                                                                                                                                                                                    dipancing  dengan  berbagai  teknik  agar  di  dalam  otaknya  timbul  pertanyaan  dan

























                                                                                                                                                                                                                    gagasan dalam mengemukakan pendapat.

























                                                                                                                                                                                3) Belajar Mandiri

























                                                                                                                                                                                                                    Siswa dapat diarahkan untuk belajar mandiri jika siswa sudah memiliki kemampuan
























                                                                                                                                                                                                                    dalam  menggunakan  komputer,  leptop  atau  tab.  Karena  hardware  tersebut  sudah

























                                                                                                                                                                                                                    diintegrasikan dengan RPP sebagai sumber belajar. Siswa pada tahap pengamatan

























                                                                                                                                                                                                                    dapat mempelajari RPP yang sudah terintegrasi dimanapun siswa berada dan dalam
























                                                                                                                                                                                                                    waktu  yang  fleksibel.  Saat  kondisi  ini  terjadi  dikelas  maka  guru  dapat  melakukan

























                                                                                                                                                                                                                    tugasnya seperti melakukan pengamatan, bimbingan, tutorial, dorongan, motivasi dan
























                                                                                                                                                                                                                    lain sebagainya, supaya siswa dapat memaksimalkan kemampuan dan mengoptimalkan

























                                                                                                                                                                                                                    pembelajaran.  Secara  tidak  langsung  meminimalisir  hal-hal  yang  tidak  diinginkan.

























                                                                                                                                                                                                                    Sementara lain hal jika siswa belajar di luar kelas, maka pemberian arahan sebelum
























                                                                                                                                                                                                                    pelaksanaan merupakan tahapan yang harus dilakukan guru.

























                                                                                                                                                                                4) Menanya

























                                                                                                                                                                                                                    Proses mananya adalah sesuatu yang tidak mudah bagi seorang siswa. Apalagi siswa
























                                                                                                                                                                                                                    SD yang notabenenya masih dalam tahapan senang bermain, tentu untuk melahirkan

























                                                                                                                                                                                                                    keinginan siswa dalam bertanya, seorang guru perlu membuat tayangan semenarik dan

























                                                                                                                                                                                                                    sebaik  mungkin  menurut  versi  anak-anak.  Apabila  siswa  tertarik  dengan  tayangan
























                                                                                                                                                                                                                    tersebut pasti siswa akan banyak bertanya atau beropini terhadap tayangan tersebut.

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    41
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57