Page 47 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 47
adil dan makmur (Bappenas, 2021). Strategi tersebut bisa dijalani jika adanya transformasi
sistem ekonomi yang kreatif dan inovatif melalui teknologi yang tepat guna dan sistem
pendidikan yang tangguh serta kuat. Hal ini tentu di dukung kuat oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan selaku pemberi solusi dan pelaksana kebijakan untuk menempatkan TIK sebagai
salah satu pondasi utama tersedianya layanan pendidikan.
Selain itu, tenaga pendidik yang memiliki skill dan berkompeten serta professional harus
disediakan merata di seluruh wilayah Indonesia merupakan bagian dari tujuan strategis
pendidikan. Tentu penyedian tenaga pendidik yang profesional dalam TIK sangat dibutuhkan saat
ini demi tercapainya tujuan tersebut. Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru
menjelaskan seorang guru yang berkompeten dalam pemanfaatan TIK sangat diperlukan untuk
mengembangkan kompetensi personal, sosial, pegagogis, dan professional. Berdasarkan
penjelasan tersebut, seorang guru pastinya harus bisa mengadaptasi bahkan kreatif dan
inovatif dalam mengimplementasikan peranya sebagai pengguna teknologi. Guru juga
bertanggungjawab dalam menciptakan ruang bagi siswa untuk dapat berkembang menjadi
generasi unggul dan berkarakter dengan memanfaatkan TIK. Kemampuan guru dalam
memanfaatkan TIK secara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi sangat
penting dan mendesak. Guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan profesionalitas
melalui pemanfaatan TIK. Terwujud apabila guru mampu mengakomodasi budaya dan terus
melakukan inovasi, serta mengurangi jumlah waktu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas lain
diluar mengajar. Oleh karena itu, pengembangan profesional perlu disampaikan dalam berbagai
desain, termasuk dalam desain-desain yang dapat mempermudah guru memahami TIK, misalnya
melalui belajar mandiri, riset, publikasi akademik, atau dalam bentuk lakakarya, pelatihan,
training dan program-program lainnya.
Pendayagunaan TIK dalam pendidikan merupakan bagian dari implementasi konsep
Teknologi Pendidikan.Teknologi Pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang sangat menjanjikan
dan terus berkembang seiiring dengan kemajuan teknologi yang dasar utamanya adalah
pendidikan dan TIK. Namun demikian, esensi utama teknologi pendidikan adalah menciptakan
36 Pendidikan Untuk Generasi Z