Page 47 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 47

adil dan makmur (Bappenas, 2021). Strategi tersebut bisa dijalani jika adanya transformasi
























                                                                                                                      sistem  ekonomi  yang  kreatif  dan  inovatif  melalui  teknologi  yang  tepat  guna  dan  sistem

























                                                                                                                      pendidikan yang tangguh serta kuat. Hal ini tentu di dukung kuat oleh Kementerian Pendidikan

























                                                                                                                      dan Kebudayaan selaku pemberi solusi dan pelaksana kebijakan untuk menempatkan TIK sebagai
























                                                                                                                      salah satu pondasi utama tersedianya layanan pendidikan.

























                                                                                                                                                                               Selain itu, tenaga pendidik yang memiliki skill dan berkompeten serta professional harus
























                                                                                                                      disediakan  merata  di  seluruh  wilayah  Indonesia  merupakan  bagian  dari  tujuan  strategis

























                                                                                                                      pendidikan. Tentu penyedian tenaga pendidik yang profesional dalam TIK sangat dibutuhkan saat
























                                                                                                                      ini demi tercapainya tujuan tersebut. Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru

























                                                                                                                      menjelaskan seorang guru yang berkompeten dalam pemanfaatan TIK sangat diperlukan untuk

























                                                                                                                      mengembangkan  kompetensi  personal,  sosial,  pegagogis,  dan  professional.  Berdasarkan
























                                                                                                                      penjelasan  tersebut,  seorang  guru  pastinya  harus  bisa  mengadaptasi  bahkan  kreatif  dan

























                                                                                                                      inovatif  dalam  mengimplementasikan  peranya  sebagai  pengguna  teknologi.  Guru  juga

























                                                                                                                      bertanggungjawab  dalam  menciptakan  ruang  bagi  siswa  untuk  dapat  berkembang  menjadi
























                                                                                                                      generasi  unggul  dan  berkarakter  dengan  memanfaatkan  TIK.  Kemampuan  guru  dalam

























                                                                                                                      memanfaatkan TIK secara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi sangat

























                                                                                                                      penting  dan  mendesak.  Guru  memiliki  kesempatan  untuk  mengembangkan  profesionalitas
























                                                                                                                      melalui pemanfaatan TIK. Terwujud apabila guru mampu mengakomodasi budaya dan terus

























                                                                                                                      melakukan inovasi, serta mengurangi jumlah waktu mereka dalam mengerjakan tugas-tugas lain
























                                                                                                                      diluar mengajar. Oleh karena itu, pengembangan profesional perlu disampaikan dalam berbagai

























                                                                                                                      desain, termasuk dalam desain-desain yang dapat mempermudah guru memahami TIK, misalnya
























                                                                                                                      melalui  belajar  mandiri,  riset,  publikasi  akademik,  atau  dalam  bentuk  lakakarya,  pelatihan,

























                                                                                                                      training dan program-program lainnya.

























                                                                                                                                                                               Pendayagunaan  TIK  dalam  pendidikan  merupakan  bagian  dari  implementasi  konsep
























                                                                                                                      Teknologi Pendidikan.Teknologi Pendidikan adalah suatu disiplin ilmu yang sangat menjanjikan

























                                                                                                                      dan  terus  berkembang  seiiring  dengan  kemajuan  teknologi  yang  dasar  utamanya  adalah

























                                                                                                                      pendidikan dan TIK. Namun demikian, esensi utama teknologi pendidikan adalah menciptakan




























































                                                             36                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52