Page 50 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 50

kemampuan  yang  dimiliki,  sehingga  bisa  dipetakan  dengan  harapan  guru  dapat
























                                                                                                                                                                                        memperdalam pengetahuan dan mengupgrade kemampuan. Sementara siswa sendiri dapat

























                                                                                                                                                                                        memperdalam  pengetahuan,  mengkreasi  pengetahuan,  dan  berbagi  pengetahuan  dari

























                                                                                                                                                                                        gurunya.
























                                                                                                                                            b) Model Pembelajaran dengan TIK di SD

























                                                                                                                                                                                                                                         Sebelumnya  kita  sudah  menjelaskan  kendala  yang  terjadi  dalam  penerapan
























                                                                                                                                                                                kurikulum 2013 di tingkat SD dan proses pembelajaran menggunakan tema atau pendekatan

























                                                                                                                                                                                tematik.    Tema  yang  sudah  ditentukan  lalu  guru  diminta  cara  mengajari  kepada  siswa
























                                                                                                                                                                                menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan dua pendekatan tersebut, maka berikut ini

























                                                                                                                                                                                penulis jabarkan model pembelajaran berbasis TIK atau e-pembelajaran di tingkat SD sesuai

























                                                                                                                                                                                dengan kurikulum 2013.




















































                                                                                                                                                                                Kegiatan Awal
























                                                                                                                                                                                 Kegiatan awal adalah proses pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang

























                                                                                                                                                                                 guru. Guru menjalani alur kegiatan awal sebagai berikut:































                                                                                                                                                                                                                            Memahami dengan seksama panduan berupa buku atau sumber lainnya
















                                                                                                                                                                                                                            dalam RPP.






























                                                                                                                                                                                                                             Mengidentifikasi RPP untuk melihat media yang tepat digunakan.



































                                                                                                                                                                                                                             Melakukan inventarisasi dari media­media yang sudah digunakan.





































                                                                                                                                                                                                                            Menemukan media lainnya yang efektif dari berbagai sumber yang ada.






































                                                                                                                                                                                                                              Mengintegrasikan semua media yang diperoleh ke dalam RPP.




































                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Gambar 10. Alur Kegiatan Awal Pelaksanaan Pembelajaran


























                                                                                                                                                                                      Setelah kegiatan ini, hasilnya adalah RPP yang sudah terintegrasi dengan TIK/media, dan
























                                                                                                                                                                                      sudah siap dimanfaatkan untuk e-pembelajaran baik secara mandiri maupun terbimbing.





























































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    39
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55