Page 50 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 50
kemampuan yang dimiliki, sehingga bisa dipetakan dengan harapan guru dapat
memperdalam pengetahuan dan mengupgrade kemampuan. Sementara siswa sendiri dapat
memperdalam pengetahuan, mengkreasi pengetahuan, dan berbagi pengetahuan dari
gurunya.
b) Model Pembelajaran dengan TIK di SD
Sebelumnya kita sudah menjelaskan kendala yang terjadi dalam penerapan
kurikulum 2013 di tingkat SD dan proses pembelajaran menggunakan tema atau pendekatan
tematik. Tema yang sudah ditentukan lalu guru diminta cara mengajari kepada siswa
menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan dua pendekatan tersebut, maka berikut ini
penulis jabarkan model pembelajaran berbasis TIK atau e-pembelajaran di tingkat SD sesuai
dengan kurikulum 2013.
Kegiatan Awal
Kegiatan awal adalah proses pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang
guru. Guru menjalani alur kegiatan awal sebagai berikut:
Memahami dengan seksama panduan berupa buku atau sumber lainnya
dalam RPP.
Mengidentifikasi RPP untuk melihat media yang tepat digunakan.
Melakukan inventarisasi dari mediamedia yang sudah digunakan.
Menemukan media lainnya yang efektif dari berbagai sumber yang ada.
Mengintegrasikan semua media yang diperoleh ke dalam RPP.
Gambar 10. Alur Kegiatan Awal Pelaksanaan Pembelajaran
Setelah kegiatan ini, hasilnya adalah RPP yang sudah terintegrasi dengan TIK/media, dan
sudah siap dimanfaatkan untuk e-pembelajaran baik secara mandiri maupun terbimbing.
Pendidikan Untuk Generasi Z 39