Page 54 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 54

gambaran umum terkait format yang akan dibuat, supaya siswa tidak binggung. Intinya
























                                                                                                                                                                                                                    dalam laporan tersebut memuat 5W+1H dan tentunya mencantumkan sumbernya.

























                                                                                                                                                                                6) Mengasosiasi

























                                                                                                                                                                                                                    Tahapan mengasosiasi atau dikenal dengan mengkreasi dapat dilakukan ketika seluruh
























                                                                                                                                                                                                                    kegiatan  satu  sampai  tiga  sudah  selesai  dilakukan  oleh  guru  dan  siswa.  Tujuan

























                                                                                                                                                                                                                    mengasosiasi agar siswa dapat memecahkan masalah ketika melakukan kegiatan yang

























                                                                                                                                                                                                                    telah  dilaksanakan  berdasarkan  pengetahuan  yang dimiliki.    Tahapan  ini  dapat
























                                                                                                                                                                                                                    terlaksana dengan baik jika dilakukan dengan berkelompok dan disesuaikan dengan

























                                                                                                                                                                                                                    tema yang ditentukan dari sudut pandang siswa, misalnya tema “Lingkunganku”. Dalam

























                                                                                                                                                                                                                    tema ini, setiap kelompok diberikan tugas, misalnya sebagai berikut: 1). Kelompok A,
























                                                                                                                                                                                                                    diberikan  tugas  untuk  menyelesaikan  masalah  dengan  pendekatan  ilmu  IPS;  2).

























                                                                                                                                                                                                                    Kelompok B, diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah dengan pendekatan ilmu
























                                                                                                                                                                                                                    bahasa Inggris; 3). Kelompok C, diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah dengan

























                                                                                                                                                                                                                    pendekatan ilmu IPA; 4). kelompok D, diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah

























                                                                                                                                                                                                                    dengan  pendekatan  ilmu  Agama  Islam;  5).  kelompok  E,  diberikan  tugas  untuk
























                                                                                                                                                                                                                    menyelesaikan masalah dengan pendekatan ilmu Keolahragaan; 6). dan lain sebagainya.

























                                                                                                                                                                                                                    Hal  ini  dilakukan  supaya  siswa  terbiasa  menerapkan  ilmu-ilmu  yang  ada  untuk
























                                                                                                                                                                                                                    memecahkan  masalah  yang  didiskusikan  melalui  kondisi  di  lingkungan  sekitarnya.

























                                                                                                                                                                                                                    Pendekatan seperti ini tentu sangat menarik sekali, siswa di fasilitasi untuk belajar dan

























                                                                                                                                                                                                                    berkolaborasi melalui TIK dalam proses belajar yang berkesinambungan.
























                                                                                                                                                                                7) Mengkomunikasikan

























                                                                                                                                                                                                                    Setelah  semua  tahapan  diatas selesai dilaksanakan,  siswa  diminta  untuk  membuat

























                                                                                                                                                                                                                    rangkuman  terkait  topik/tema  yang  sudah  dipelajari.  Rangkuman  tersebut  berisi
























                                                                                                                                                                                                                    ringkasan singkat materi, pengetahuan yang didapatkan, manfaat ilmu dalam kehidupan

























                                                                                                                                                                                                                    siswa, dan terakhir sikap siswa dalam menanggapi ilmu yang sudah diberikan. Setelah

























                                                                                                                                                                                                                    selesai membuat rangkuman, selanjutnya siswa diminta untuk membacakan dikelas,
























                                                                                                                                                                                                                    menempelkan  di  majalah  dinding,  atau  mengirimkan  ke  jurnal  sekolah,

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    43
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59