Page 54 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 54
gambaran umum terkait format yang akan dibuat, supaya siswa tidak binggung. Intinya
dalam laporan tersebut memuat 5W+1H dan tentunya mencantumkan sumbernya.
6) Mengasosiasi
Tahapan mengasosiasi atau dikenal dengan mengkreasi dapat dilakukan ketika seluruh
kegiatan satu sampai tiga sudah selesai dilakukan oleh guru dan siswa. Tujuan
mengasosiasi agar siswa dapat memecahkan masalah ketika melakukan kegiatan yang
telah dilaksanakan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Tahapan ini dapat
terlaksana dengan baik jika dilakukan dengan berkelompok dan disesuaikan dengan
tema yang ditentukan dari sudut pandang siswa, misalnya tema “Lingkunganku”. Dalam
tema ini, setiap kelompok diberikan tugas, misalnya sebagai berikut: 1). Kelompok A,
diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah dengan pendekatan ilmu IPS; 2).
Kelompok B, diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah dengan pendekatan ilmu
bahasa Inggris; 3). Kelompok C, diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah dengan
pendekatan ilmu IPA; 4). kelompok D, diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah
dengan pendekatan ilmu Agama Islam; 5). kelompok E, diberikan tugas untuk
menyelesaikan masalah dengan pendekatan ilmu Keolahragaan; 6). dan lain sebagainya.
Hal ini dilakukan supaya siswa terbiasa menerapkan ilmu-ilmu yang ada untuk
memecahkan masalah yang didiskusikan melalui kondisi di lingkungan sekitarnya.
Pendekatan seperti ini tentu sangat menarik sekali, siswa di fasilitasi untuk belajar dan
berkolaborasi melalui TIK dalam proses belajar yang berkesinambungan.
7) Mengkomunikasikan
Setelah semua tahapan diatas selesai dilaksanakan, siswa diminta untuk membuat
rangkuman terkait topik/tema yang sudah dipelajari. Rangkuman tersebut berisi
ringkasan singkat materi, pengetahuan yang didapatkan, manfaat ilmu dalam kehidupan
siswa, dan terakhir sikap siswa dalam menanggapi ilmu yang sudah diberikan. Setelah
selesai membuat rangkuman, selanjutnya siswa diminta untuk membacakan dikelas,
menempelkan di majalah dinding, atau mengirimkan ke jurnal sekolah,
Pendidikan Untuk Generasi Z 43