Page 59 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 59

lebih lengkap. Guru dan orang tua dapat memantau perkembangan anak melalui portal
























                                                                                                                   penilaian seperti layaknya diperguruan tinggi.

























                                                                                                                                                                            Kemudahan  TIK  ini  juga  dapat  dirasakan  dalam  hal  pengawasan.  Ya  selama  ini

























                                                                                                                   pengawas sekolah melakukan pengawasan secara administrasi atau turun langsung dan
























                                                                                                                   mengunjungi  sekolah-sekolah,  dengan  adanya  TIK  pengawasan  dapat  dialihkan  dengan

























                                                                                                                   metode online. Selama ini pengawasan hanya dapat dilakukan secara administratif saja,
























                                                                                                                   dengan  melihat  laporan  nilai,  RPP,  laporan  harian,  dan  lain-lain.  Padahal  pengawasan

























                                                                                                                   adminstratif  seperti  itu  cenderung  tidak  efektif.  Tidak  efektif  dikarenakan  selama  ini
























                                                                                                                   pengawasan melalui administratif hanya sekedar melepas lelah akan tugas dan tidak dapat

























                                                                                                                   memberikan penyelesaian masalah yang terjadi disekolah. Seperti objek kajian penelitian

























                                                                                                                   penulis,  dimana  pemerintah  kota  Pontianak  dalam  melakukan  pengawasan  dengan
























                                                                                                                   memanfaatkan CCTV (Closed Circuit TVon) atau jaringan TV tertutup. Tujuannya supaya

























                                                                                                                   pengawas sekolah dapat lebih mudah memantau guru-guru yang sedang mengajar di kelas.

























                                                                                                                   Kebijakan ini tentu menunjukkan kesungguhan pemerintah terkhusus kota Pontianak dalam
























                                                                                                                   menciptakan pendidikan yang berkualitas, sehingga contoh baik seperti ini perlu diterapkan

























                                                                                                                   di tempat lain.

























                                                                                                                                                                            Sedangkan kebijakan pemanfaatan TIK untuk pembelajaran yang dapat dicontoh oleh
























                                                                                                                   pemeritah daerah dapat melihat gagasan dari pemerintah kota Pontianak. Kebijakannya

























                                                                                                                   adalah memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran.  Secara umum SMP di kota tersebut
























                                                                                                                   sudah memanfaatkan TIK untuk pembelajaran. Bentuk dari pemanfaatan TIK diantaranya

























                                                                                                                   menggunakan media komputer, radio, LCD, rekaman CD, dan lain-lain. Kesungguhan seperti
























                                                                                                                   ini perlu dicontoh oleh pemimpin, sehingga guru dapat bergegas berubah dari kondisi lama

























                                                                                                                   ke  kondisi  yang  baru.  Kondisi  baru  tersebut  tentu  kondisi  yang  bermanfaat  demi

























                                                                                                                   perkembangan pendidikan, ya salah satunya memanfaatkan TIK dalam pendidikan SMP. Inilah
























                                                                                                                   model  pembudayaan  baru  atau  menyosialisasikan  sebuah  inovasi  di  dalam  sebuah

























                                                                                                                   organisasi terutama di jenjang SMP.























































































                                                                 48                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Pendidikan Untuk Generasi Z
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64