Page 62 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 62

2. Sumber Daya Manusia

























                                                                                                                                                                                                                                                                                   SMP yang memiliki infrastruktur TIK lengkap dan bagus tidak akan berarti jika
























                                                                                                                                                                                                                          SMP  tersebut  tidak  memiliki  sumber  daya  manusia  yang  kompeten  dan  memadai

























                                                                                                                                                                                                                          dibidang  TIK.  Kepala  sekolah,  guru  dan  tenaga  kependidikan  adalah  sumber  daya
























                                                                                                                                                                                                                          manusia  yang  ada  di  SMP.  Sehingga  mereka  dituntut  untuk  menguasai  TIK  dalam

























                                                                                                                                                                                                                          menunjang profesinya sebagai pengajar, terkhusus diutamakan kepada seorang guru.

























                                                                                                                                                                                                                          Supaya guru dapat menguasai TIK, maka perlu dibuat training dalam mengembangkan
























                                                                                                                                                                                                                          kompetensi guru. Ini suatu model yang bagus dan patut dimaksimalkan dengan serius.

























                                                                                                                                                                                                                                                                                   Pelatihan yang diberikan kepada guru biasanya diselenggarakan oleh dinas

























                                                                                                                                                                                                                          pendidikan  setempat  baik  itu  tingkat  kabupaten/kota  maupun  provinsi  bahkan
























                                                                                                                                                                                                                          nasional. Kepala sekolah haruslah mengutus seorang guru yang dirasa mampu dan

























                                                                                                                                                                                                                          cepat menerima transfer ilmu nantinya ketika diberikan pelatihan. Tujuannya, supaya
























                                                                                                                                                                                                                          guru yang dipilih untuk mendapatkan kesempatan pelatihan tersebut diharapkan dapat

























                                                                                                                                                                                                                          mentransfer  kembali  kepada  guru-guru  lainnya  disekolah  tempatnya  mengajar.

























                                                                                                                                                                                                                          Sehingga keterampilan yang diperoleh oleh satu orang guru akan akan sama-sama
























                                                                                                                                                                                                                          dimiliki oleh semua guru berkat penjelasan yang diberikan. Dengan demikian, akan

























                                                                                                                                                                                                                          memiliki  kemampuan  yang  sama  dalam  memanfaatkan  TIK  dengan  baik.  Apabila
























                                                                                                                                                                                                                          kegiatan sejenis kontinyu dilakukan, maka dalam waktu cepat semua guru dan tenaga

























                                                                                                                                                                                                                          kependidikan  akan  menerapkan  TIK  dalam  pembelajaran  dan  tidak  gaptek  (gagal

























                                                                                                                                                                                                                          teknologi).
























                                                                                                                                                                                      3. Materi Pembelajaran Berbasis TIK

























                                                                                                                                                                                                                                                                                   Tahapan selanjutnya adalah menyediakan materi pembelajaran berbasis TIK.

























                                                                                                                                                                                                                          Materi  pembelajaran  ini  berbagai  macam  bentuknya  dan  dapat  diperoleh  dengan
























                                                                                                                                                                                                                          berbagai cara. Ada bahan yang didapatkan secara gratis, dibeli ataupun dibuat sendiri.

























                                                                                                                                                                                                                          Saat ini bahan belajar gratis sudah banyak disediakan oleh pemerintah, seperti e-

























                                                                                                                                                                                                                          learning, ruangguru, TV edukasi, e-jurnal, youtube dan lain sebagainya. Sedangkan
























                                                                                                                                                                                                                          yang dibeli, juga sangat banyak disediakan dipasaran. Bahkan materi pembelajaran

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    51
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67