Page 67 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 67

Bagaimana mengembangkan bahan ajar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)?

























                                                                                                                                                                          Sebelumnya sudah dibahas bahwasanya peserta didik dibekali dengan modul. Modul
























                                                                                                                 ini harus disesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh dan dapat dimanfaatkan untuk gaya

























                                                                                                                 belajar  mandiri.  Modul  dirancang  dengan  mempertimbangkan  berbagai  hal  dan  juga
























                                                                                                                 meliibatkan  peserta  dan  guru  yang  akan  terlibat  dalam  PJJ  ini.  Adapun  pertimbangan

























                                                                                                                 tersebut sebagai berikut:

























                                                                                                                 a) Modul berisi sapaan yang akrab kepada peserta didik;
























                                                                                                                 b) Berikan gambaran hasil/outcome pembelajaran yang akan dicapai secara jelas untuk

























                                                                                                                                                     setiap unit/modul;

























                                                                                                                 c) Modul ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, sederhana dan tidak berbelit-belit;
























                                                                                                                 d) Modul berisi kata kunci beserta definisi yang disetiap akhir baba tau akhir buku dengan

























                                                                                                                                                     harapan siswa mudah mencari peristilahan;
























                                                                                                                 e) Gunakan suatu gaya informal dan yang dapat dipahami seluruh peserta didik;

























                                                                                                                 f) Petakan  langkah-langkah  bagi  peserta  tersebut  pada  saat  Anda  mengemukakan

























                                                                                                                                                     mengenai  hasil-hasil  (outcome)  proses  pembelajaran  tersebut  sehingga  mereka
























                                                                                                                                                     mengetahui di mana mereka berada dan hendak ke mana selanjutnya;

























                                                                                                                 g) Jika memungkinkan, ulangi konsep-konsep, ide-ide dan teori-teori beberapa kali;
























                                                                                                                 h) Berikan contoh-contoh dan studi kasus yang uptodate dan juga relevan;

























                                                                                                                 i)                                  Berikan kata-kata motivasi pada setiap tahapan;

























                                                                                                                 j)                                  Selingi setiap aktivitas-aktivitas dan training yang diberikan untuk penilaian sendiri
























                                                                                                                                                     (self assessment) secara terus menerus yang nantinya diakhiri dengan sesuatu yang

























                                                                                                                                                     lebih penting;

























                                                                                                                 k) Setelah semua materi diberikan, bangun daya analisis dan nalar terkait pengetahuan
























                                                                                                                                                     dan pemahaman melalui latihan soal atau research kecil-kecilan.












































































































































                                                               56                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Pendidikan Untuk Generasi Z
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72