Page 67 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 67
Bagaimana mengembangkan bahan ajar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)?
Sebelumnya sudah dibahas bahwasanya peserta didik dibekali dengan modul. Modul
ini harus disesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh dan dapat dimanfaatkan untuk gaya
belajar mandiri. Modul dirancang dengan mempertimbangkan berbagai hal dan juga
meliibatkan peserta dan guru yang akan terlibat dalam PJJ ini. Adapun pertimbangan
tersebut sebagai berikut:
a) Modul berisi sapaan yang akrab kepada peserta didik;
b) Berikan gambaran hasil/outcome pembelajaran yang akan dicapai secara jelas untuk
setiap unit/modul;
c) Modul ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, sederhana dan tidak berbelit-belit;
d) Modul berisi kata kunci beserta definisi yang disetiap akhir baba tau akhir buku dengan
harapan siswa mudah mencari peristilahan;
e) Gunakan suatu gaya informal dan yang dapat dipahami seluruh peserta didik;
f) Petakan langkah-langkah bagi peserta tersebut pada saat Anda mengemukakan
mengenai hasil-hasil (outcome) proses pembelajaran tersebut sehingga mereka
mengetahui di mana mereka berada dan hendak ke mana selanjutnya;
g) Jika memungkinkan, ulangi konsep-konsep, ide-ide dan teori-teori beberapa kali;
h) Berikan contoh-contoh dan studi kasus yang uptodate dan juga relevan;
i) Berikan kata-kata motivasi pada setiap tahapan;
j) Selingi setiap aktivitas-aktivitas dan training yang diberikan untuk penilaian sendiri
(self assessment) secara terus menerus yang nantinya diakhiri dengan sesuatu yang
lebih penting;
k) Setelah semua materi diberikan, bangun daya analisis dan nalar terkait pengetahuan
dan pemahaman melalui latihan soal atau research kecil-kecilan.
56 Pendidikan Untuk Generasi Z