Page 69 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 69

TIK,  maka  sistem  pendidikan  terbuka  dan  jarak  jauh  mengalami  perubahan  makna  dan
























                                                                                                                                                 menjadi satu kesatuan bahkan diterapkan oleh banyak negara.

























                                                                                                             b) Peluang PJJ untuk Pendidikan Menengah

























                                                                                                                                                                                                         Menurut Badan Pusat Statistik Nasional, angka partisipasi kasar (APK) tahun 2020
























                                                                                                                                                 menunjukkan bahwa Angka Partisipasi Kasar (APK) untuk pendidikan dasar (SD/MI/Paket A)

























                                                                                                                                                 sebesar  106,32%,  SMP/Mts/Paket  B  sebesar  92,06%  dan  pendidikan  menengah

























                                                                                                                                                 SM/SMK/MA/Paket C sebesar 84,53%. Perbedaan APK pendidikan dasar sederajat dan
























                                                                                                                                                 pendidikan  menengah  sederajat  ini  sangat  besar  yaitu  sebesar  21,79%  (Badan  Pusat

























                                                                                                                                                 Statistik, 2020). Berdasarkan data tersebut terlihat kesenjangan yang sangat jauh dari segi

























                                                                                                                                                 pendidikan di Indonesia yang bisa dibilang masih rendah. Masih banyak anak-anak Indonesia
























                                                                                                                                                 yang berpendidikan dasar dan tidak melanjutkan pendidikan menengah.  Anak-anak tersebut

























                                                                                                                                                 kebanyak tidak melanjutkan pendidikan menengah dilatarbelakangi oleh berbaai hal. Ada
























                                                                                                                                                 yang disebabkan karena masalah perekonomian orangtua, masalah membantu orang tua

























                                                                                                                                                 mencari nafkah, masalah geografis sekolah SMA/SMK yang tidak ada didaerahnya, dan juga

























                                                                                                                                                 masalah  kesempatan  serta  budaya  yang  membuat  anak-anak  Indonesia  terhambat
























                                                                                                                                                 melanjutkan pendidikan. Hal ini tentu menjadi masalah besar dan tugas pemerintah dan

























                                                                                                                                                 menurut hemat penulis pendidikan jarak jauh memang tepat untuk diterapkan terkhusus
























                                                                                                                                                 masalah pendidikan menangah.

























                                                                                                                                                                                                         Pembelajaran jarak juah ini tentu memiliki keunggulan, salah satunya peserta didik

























                                                                                                                                                 dapat belajar secara flkesibel. Peserta didik dapat belajar dimana saja, kapan saja, metode
























                                                                                                                                                 sesuai keinginan dan bahkan sumber belajar dapat dipilih berdasarkan kemampuan dan

























                                                                                                                                                 keinginan  peserta  didik  itu  sendiri.  Sistem  PJJ mengajarkan peserta  didik  untuk dapat

























                                                                                                                                                 bertanggung  jawab  dan  berkomitmen  pada  pekerjaan  dan  keluarga.  Kondisi  ini  sangat
























                                                                                                                                                 menguntungkan  bagi  peserta  didik  yang  mungkin  keterbatasan  waktu,  jarak  ataupun

























                                                                                                                                                 keuangan,  tetapi  memiliki  semangat  tinggi  untuk  melanjutkan  pendidikan,  maka  PJJ
























                                                                                                                                                 merupakan  pilihan  tepat.  Walaupun  secara  khusus  masih  ada  yang  belum  menerima

























                                                                                                                                                 pembelajaran jarak jauh ini, tetapi secara umum masih bisa diterima. Orang yang masih




























































                                                                 58                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Pendidikan Untuk Generasi Z
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74