Page 74 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 74
dan pandangan. Tentu ini dilakukan oleh guru bina dalam rangka menciptakan proses
pembelajaran yang ideal.
e) Faktor-faktor Keberhasilan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)
Berikut ini penulis jelaskan, faktor-faktor keberhasilan pendidikan jarak jauh jika
sungguh-sugguh diterapkan di Indonesia, yaitu:
1) Guru/instruktur harus professional dan konsisten dalam mengembangkan bahan ajar
serta memotivasi siswa untuk giat belajar;
2) Guru tidak bisa bekerja sendiri, maka dibutuhkan tim yang dapat membantu pengelolaan
administrasi, penentuan jenis bahan ajar dan metode penyampaian yang digunakan;
3) Bahan ajar harus direncanakan dengan baik, terukur, terstruktur dan komprehensif
sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami dan kalau bisa selalu tersedia
dalam berbagai bentuk media;
4) Harus ada fasilitas dan dorongan terhadap interaksi peserta, baik dengan instruktur
maupun sesama peserta;
5) Guru harus tetap berkomunikasi secara rutin dengan semua peserta didik;
6) Bahan ajar yang dibuat dipastikan mudah dipahami dan harus diujikan dan dijelaskan
kepada peserta didik sehingga bisa dikenali dengan baik;
7) Ketika ada masalah terkait komunikasi dan teknis, segera diselesaikan;
8) Instruktur perlu menggunakan berbagai metode interaksi dan feedback, misalnya
komunikasi satu per satu melalui e-mail, video, whatsapp, video call, voice note, zoom,
dan lain sebagainya.
9) Para peserta dapat menyimpan buku hariannya mengenai pandangan-pandangan
mereka terhadap kemajuan dan isi pembelajaran tersebut dan selanjutnya
mengirimkan atau menyampaikan secara berkala;
10) Sangat penting untuk dapat melakukan pembelajaran langsung tatap muka paling tidak
satu kali, terutama diawal pertemuan sebelum memulai pembelajaran. Tujuannya agar
Pendidikan Untuk Generasi Z 63