Page 74 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 74

dan  pandangan.  Tentu  ini  dilakukan  oleh  guru  bina  dalam  rangka  menciptakan  proses
























                                                                                                                                                                      pembelajaran yang ideal.

























                                                                                                                                  e) Faktor-faktor Keberhasilan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

























                                                                                                                                                                                                                               Berikut ini penulis jelaskan, faktor-faktor keberhasilan pendidikan jarak jauh jika
























                                                                                                                                                                      sungguh-sugguh diterapkan di Indonesia, yaitu:

























                                                                                                                                                                      1)                                  Guru/instruktur harus professional dan konsisten dalam mengembangkan bahan ajar

























                                                                                                                                                                                                          serta memotivasi siswa untuk giat belajar;
























                                                                                                                                                                      2) Guru tidak bisa bekerja sendiri, maka dibutuhkan tim yang dapat membantu pengelolaan

























                                                                                                                                                                                                          administrasi, penentuan jenis bahan ajar dan metode penyampaian yang digunakan;

























                                                                                                                                                                      3) Bahan ajar harus direncanakan dengan baik, terukur, terstruktur dan komprehensif
























                                                                                                                                                                                                          sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami dan kalau bisa selalu tersedia

























                                                                                                                                                                                                          dalam berbagai bentuk media;
























                                                                                                                                                                      4) Harus ada fasilitas dan dorongan terhadap interaksi peserta, baik dengan instruktur

























                                                                                                                                                                                                          maupun sesama peserta;

























                                                                                                                                                                      5) Guru harus tetap berkomunikasi secara rutin dengan semua peserta didik;
























                                                                                                                                                                      6) Bahan ajar yang dibuat dipastikan mudah dipahami dan harus diujikan dan dijelaskan

























                                                                                                                                                                                                          kepada peserta didik sehingga bisa dikenali dengan baik;
























                                                                                                                                                                      7) Ketika ada masalah terkait komunikasi dan teknis, segera diselesaikan;

























                                                                                                                                                                      8) Instruktur  perlu  menggunakan  berbagai  metode  interaksi  dan  feedback,  misalnya

























                                                                                                                                                                                                          komunikasi satu per satu melalui e-mail, video, whatsapp, video call, voice note, zoom,
























                                                                                                                                                                                                          dan lain sebagainya.

























                                                                                                                                                                      9) Para  peserta  dapat  menyimpan  buku  hariannya  mengenai  pandangan-pandangan

























                                                                                                                                                                                                          mereka  terhadap  kemajuan  dan  isi  pembelajaran  tersebut  dan  selanjutnya
























                                                                                                                                                                                                          mengirimkan atau menyampaikan secara berkala;

























                                                                                                                                                                      10) Sangat penting untuk dapat melakukan pembelajaran langsung tatap muka paling tidak
























                                                                                                                                                                                                          satu kali, terutama diawal pertemuan sebelum memulai pembelajaran. Tujuannya agar




























































































                                                                                                                  Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          63
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79