Page 73 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 73

pengetahuan dan keterampilan melalui proses sosial atau interaksi sosial dengan orang
























                                                                                                                                                   lain, sehingga bisa untuk pendalaman materi.

























                                                                                                               4) Assessment

























                                                                                                                                                   Proses pembelajaran yang di rancang dengan mengkombinasikan jenis assessmen baik
























                                                                                                                                                   yang  bersifat  tes  maupun  non-tes,  atau  tes  yang  lebih  bersifat  otentik  (authentic

























                                                                                                                                                   assessment/portfolio) dalam bentuk project dan produk lain-lain. Selain itu, juga perlu
























                                                                                                                                                   mempertimbangkan ramuan antara bentuk-bentuk assessmen online dan assessmen

























                                                                                                                                                   offline. Sehingga memberikan kemudahan dan fleksibilitas peserta belajar mengikuti
























                                                                                                                                                   atau melakukan assessmen tersebut.

























                                                                                                               5) Performance Support Materials

























                                                                                                                                                   Jika kita ingin mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dalam kelas dan
























                                                                                                                                                   tatap muka virtual, pastikan sumber daya untuk mendukung hal tersebut sudah siap.

























                                                                                                                                                   Bahan belajar disiapkan dalam bentuk digital dan mudah diakses oleh peserta didik, baik

























                                                                                                                                                   secara offline seperti CD, MP3, dan DVD maupun secara online. Jika pembelajaran
























                                                                                                                                                   online dibantu dengan suatu Learning/Content Management System (LCMS), pastikan

























                                                                                                                                                   juga bahwa aplikasi sistem ini telah terinstal dengan baik, mudah diakses, dan nantinya

























                                                                                                                                                   tidak menjadi kendala ketika dilaksanakan.
























                                                                                                                                                                        PJJ sangat berbeda dengan pendidikan formal, sehingga memerlukan pendekatan

























                                                                                                               yang khusus dirancang untuk PJJ. Pendekatan tersebut harus dirancang sedemikian rupa
























                                                                                                               terkait  dengan  cara  penyampaian  materi  ajar,  dan  cara  mengkomunikasikan.  Sehingga

























                                                                                                               peserta  yang  terlibat  membutuhkan  motivasi  diri  yang  kuat  untuk  dapat  memulai,
























                                                                                                               mengembangkan  keahlian  dan  kemampuan  dalam  melaksanakan  tugas  yang  bersifat

























                                                                                                               mandiri, sehingga tujuan peserta untuk menambah pengetahuan tidak sia-sia. Guru Bina

























                                                                                                               akan menggunakan dan mengembangkan metodologi serta gaya pembelajaran baru, mulai
























                                                                                                               dari  instruksi  langsung  hingga  mengelola  strategi  pembelajaran,  memberi  dukungan

























                                                                                                               terhadap peserta didik, memfasilitasi perdebatan jarak jauh, serta mendiseminasi informasi























































































                                                                 62                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Pendidikan Untuk Generasi Z
   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78