Page 72 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 72

tentu e-learning adalah langkah jitu untuk diterapkan disekolah kapan dan dimana saja.
























                                                                                                                                                          Walaupun nanti pandemic ini berakhir.

























                                                                                                                                                                                                                   Blended  Learning,  suatu  metode  pembelajaran  yang  mengkolaborasi  antara

























                                                                                                                                                          pertemuan tatap muka dengan materi online secara mandiri. Mengkolaborasi disini adalah
























                                                                                                                                                          menggabungkan pembelajaran tatap muka, teknologi audio, teknologi cetak, audiovisual, dan

























                                                                                                                                                          teknologi m-learning. Menurut Carman (2005) ada lima kata kunci untuk melaksanakan

























                                                                                                                                                          pembelajaran dengan menggunakan blended learning, yaitu:
























                                                                                                                                                          1) Live Event

























                                                                                                                                                                                              Pembelajaran  tatap  muka  (instructorled  instruction)  dimana  secara  synchronuos

























                                                                                                                                                                                              dalam  tempat  dan  waktu  yang  sama  ataupun  waktu  sama  tetapi  tempat  berbeda,
























                                                                                                                                                                                              seperti  virtual  classroom.  Pola  ini,  juga  bisa  saja  mengkombinasikan  teori

























                                                                                                                                                                                              constructivism, behaviorisme, dan  cognitivism  sehingga  terjadi  pembelajaran  yang
























                                                                                                                                                                                              bermakna.

























                                                                                                                                                          2) Self-Paced Learning

























                                                                                                                                                                                              Suatu  metode  kombinasi  dengan  pembelajaran  mandiri  (selfpaced  learning)  yang
























                                                                                                                                                                                              memungkinkan peserta belajar kapan dan dimana saja dengan menggunakan berbagai

























                                                                                                                                                                                              bahan  belajar  yang  dirancang  khusus  untuk  belajar  mandiri  baik  yang  bersifat
























                                                                                                                                                                                              textbased maupun multimedia-based, seperti audio, gambar, simulasi, animasi atau

























                                                                                                                                                                                              kombinasi dari kesemuanya itu. Semua bahan ajar itu bisa kita dapatkan melalui VCD,

























                                                                                                                                                                                              youtube, website, situs pembelajaran, e-book, e-majalan, dan lain sebagainya.
























                                                                                                                                                          3) Collaboration

























                                                                                                                                                                                              Mengkombinasikan pengajar, maupun antar peserta belajar yang kedua-duanya bisa

























                                                                                                                                                                                              lintas sekolah. Dengan demikian, perancang blended learning harus meramu bentuk-
























                                                                                                                                                                                              bentuk  kolaborasi, kolaborasi antar  peserta  belajar  dan  pengajar  melalui tool-tool

























                                                                                                                                                                                              komunikasi yang memungkinkan seperti forum diskusi, chat, website, blog, atau melalui
























                                                                                                                                                                                              mobilephone.  Tentu  saja  kolaborasi  ini  diarahkan  agar  terjadinya  konstruksi




























































































                                                                                                                Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        61
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77