Page 75 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 75

peserta didik tidak memraba-raba terkait pembelajaran jarak jauh yang akan dilakukan
























                                                                                                                                                                                 dan nantinya disana juga akan diberikan arahan mengenai teknik-teknik belajar.

























                                                                                                                                                                                                     Demikianlah  gambaran  faktor-faktor  keberhasilan  pendidikan  jarak  jauh  yang
























                                                                                                                                             dimungkinkan akan cocok diterapkan pada jenjang pendidikan menengah. PJJ solusi jitu

























                                                                                                                                             dalam  mengatasi  permasalahan  pendidikan  terutama  dalam  rangka  memberikan
























                                                                                                                                             kesempatan kepada anak-anak kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan menengah dan

























                                                                                                                                             pendidikan  tinggi.  Oleh  karena  itu,  sangatlah  wajar  jika  PJJ  sunguh-sunggu

























                                                                                                                                             diimplementasikan maka angka partisipasi kasar atau murni di jenjang pendidikan menengah
























                                                                                                                                             akan meningkat secara signifikan.





















                                                                                                         f) Hambatan Pelaksanaan PJJ di Pendidikan Menengah





























                                                                                                                                                                                                     Penulis  telah  membahas  secara  detail,  bagaimana  pendidikan  jarak  jauh  ini,
























                                                                                                                                             memberikan solusi bagi anak-anak bangsa dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Namun, ada

























                                                                                                                                             beberapa hambatan yang sering terjadi dalam pelaksanaan PJJ ini di pendidikan menengah.

























                                                                                                                                             Penulis mengungkapan ini supaya kejadian yang sama tidak terulang lagi dan bisa menjadi
























                                                                                                                                             bahan renungan untuk memaksimalkan pendidikan berkualitas bersama PJJ.





















                                                                                                                                                                                                     Adapun berbagai hambatan tersebut, antara lain:

























                                                                                                                                             1)                                  Belum adanya payung hukum yang jelas terkait penyelenggaraan SMA/K Terbuka;
























                                                                                                                                             2)                                  Belum adanya sosialisasi menyeluruh, terstruktur dan komprehensif secara nasional;

























                                                                                                                                             3)                                  Ketidakkonsistenan kebijakan pendidikan di SMA Terbuka terutama tingkat pusat;

























                                                                                                                                             4) Pemanfaatan TIK yang belum maksimal diterapkan.





















































                                                                                       5.                                Implementasi TIK di Sekolah Kategori Perintis























                                                                                                         a) Sekolah Kategori Perintis




























                                                                                                                                                                                                     Pembagian jenis sekolah di Indonesia itu beragam, terkhusus untuk kondisi sekolah

























                                                                                                                                             akan ada perbedaan antara sekolah satu dengan sekolah lainnya. Dalam buku Pedoman

























                                                                                                                                             Pemanfaatan TIK di sekolah, secara umum sekolah dapat diklasifikasikan menjadi empat
























                                                                                                                                             kategori, mulai dari tingkat mapan, menengah, dan perintis (Pustekkom, 2009). Klasifikasi






























































                                                                 64                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Pendidikan Untuk Generasi Z
   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80