Page 80 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 80

menggunakan  TIK  dalam  kehidupan  sehari-hari  terutama  dilingkungan  masyarakat.
























                                                                                                                                                                                                            Inilah keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad ke 21 sesuai dengan tuntutan

























                                                                                                                                                                                                            zaman dan tentunya ini sudah disepakati oleh UNESCO. Keterampilan yang disebutkan

























                                                                                                                                                                                                            tadi tentu sebaiknya dimiliki oleh seluruh peserta didik, mengingat esensial pendidikan
























                                                                                                                                                                                                            menghasilkan proses pembelajaran yang mampu menyerap kepada siswa dan menjadi

























                                                                                                                                                                                                            manusia yang bermanfaat. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat terjadi dimana,
























                                                                                                                                                                                                            kapan, dari siapa, atau apa saja.

























                                                                                                                                                                         4) Evaluasi

























                                                                                                                                                                                                                                                                     Tahapan  terakhir  dalam  pembelajaran  berpusat  pada siswa  adalah  evaluasi.

























                                                                                                                                                                                                            Evaluasi  sangat  diperlukan  dalam  rangka  menilai  kelayakan  dan  ketepatan  suatu
























                                                                                                                                                                                                            kebijakan dan proses yang telah dilalui. Sehingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan

























                                                                                                                                                                                                            oleh guru akan dinilai apakah sudah layak ataupun tidak, sudah sesuai ataupun tidak.
























                                                                                                                                                                                                            Jadi guru tidak hanya menilai berdasarkan intuisi saja seperti melihat dari perasaan

























                                                                                                                                                                                                            kepada siswa, hafalan siswa ataupun daya serap siswa, tetapi guru menilai dari berbagai

























                                                                                                                                                                                                            aspek dan pertimbangan. Cara yang tepat dilakukan adalah dengan membuat daftar
























                                                                                                                                                                                                            pertanyaan dan jawaban yang terjadi. Jawaban terhadap pertanyaan itu yaitu meliputi

























                                                                                                                                                                                                            5W + 1H. Adapun penjelasanya sebagai berikut:



























                                                                                                                                                                                                                   •                                   Apa yang telah dipahami peserta didik?






















                                                                                                                                                                                                                                                       Dalam  menjawab  pertanyaan  ini  maka  guru  dapat  merangkum  berdasarkan

























                                                                                                                                                                                                                                                       catatan yang diberikan oleh peserta didik, selain itu juga dapat dilihat melalui soal

























                                                                                                                                                                                                                                                       yang diteskan kepada peserta didik dalam pertanyaan terbuka atau tertutup.



























                                                                                                                                                                                                                   •                                   Di mana peserta didik dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari?






















                                                                                                                                                                                                                                                       Hal ini sangat penting agar siswa dapat mengetahui dan menerapkan ilmu yang

























                                                                                                                                                                                                                                                       diperoleh. Jawaban yang dapat diperoleh dengan ini melihat dokumentasi peseerta
























                                                                                                                                                                                                                                                       didik dari riset lapangan, observasi atau sumber lain yang berhasil diperoleh.




























                                                                                                                                                                                                                   •                                   Kapan ilmu itu akan peserta didik pakai di dalam kehidupannya?
























































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    69
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85