Page 80 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 80
menggunakan TIK dalam kehidupan sehari-hari terutama dilingkungan masyarakat.
Inilah keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad ke 21 sesuai dengan tuntutan
zaman dan tentunya ini sudah disepakati oleh UNESCO. Keterampilan yang disebutkan
tadi tentu sebaiknya dimiliki oleh seluruh peserta didik, mengingat esensial pendidikan
menghasilkan proses pembelajaran yang mampu menyerap kepada siswa dan menjadi
manusia yang bermanfaat. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat terjadi dimana,
kapan, dari siapa, atau apa saja.
4) Evaluasi
Tahapan terakhir dalam pembelajaran berpusat pada siswa adalah evaluasi.
Evaluasi sangat diperlukan dalam rangka menilai kelayakan dan ketepatan suatu
kebijakan dan proses yang telah dilalui. Sehingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan
oleh guru akan dinilai apakah sudah layak ataupun tidak, sudah sesuai ataupun tidak.
Jadi guru tidak hanya menilai berdasarkan intuisi saja seperti melihat dari perasaan
kepada siswa, hafalan siswa ataupun daya serap siswa, tetapi guru menilai dari berbagai
aspek dan pertimbangan. Cara yang tepat dilakukan adalah dengan membuat daftar
pertanyaan dan jawaban yang terjadi. Jawaban terhadap pertanyaan itu yaitu meliputi
5W + 1H. Adapun penjelasanya sebagai berikut:
• Apa yang telah dipahami peserta didik?
Dalam menjawab pertanyaan ini maka guru dapat merangkum berdasarkan
catatan yang diberikan oleh peserta didik, selain itu juga dapat dilihat melalui soal
yang diteskan kepada peserta didik dalam pertanyaan terbuka atau tertutup.
• Di mana peserta didik dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari?
Hal ini sangat penting agar siswa dapat mengetahui dan menerapkan ilmu yang
diperoleh. Jawaban yang dapat diperoleh dengan ini melihat dokumentasi peseerta
didik dari riset lapangan, observasi atau sumber lain yang berhasil diperoleh.
• Kapan ilmu itu akan peserta didik pakai di dalam kehidupannya?
Pendidikan Untuk Generasi Z 69