Page 81 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 81

Hal ini sangat penting dipahami oleh peserta didik, sebab kadang manusia belajar
























                                                                                                                                                     tentang sesuatu tetapi tidak tahu kapan ilmu tersebut dipakai.




























                                                                                                                 •                                   Siapa saja yang ahli atau menguasai ilmu tersebut?






















                                                                                                                                                     Tujuannya agar peserta didik mampu memahami bagaimana kehidupan orang-
























                                                                                                                                                     orang yang menguasai ilmu, sehingga peserta didik memperoleh gambaran akan

























                                                                                                                                                     cita-cita, apakah menjadi birokrat, praktisi, pendidik, dan lain sebagianya yang

























                                                                                                                                                     tentu akan menambah motivasi peserta didik tersebut.



























                                                                                                                 •                                   Mengapa ilmu tersebut perlu dipelajari oleh peserta didik?






















                                                                                                                                                     Pertanyaan ini diberikan supaya peserta didik paham dan mengerti arti penting

























                                                                                                                                                     mempelajari suatu pelajaran. Misalnya belajar matematika, supaya peserta didik
























                                                                                                                                                     nantinya bisa menggunakan ilmu matematika ketika membantu orang tua membeli

























                                                                                                                                                     makanan, dan sebagainya.



























                                                                                                                 •                                   Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap kehidupan saat ini berdasarkan ilmu























                                                                                                                                                     yang telah dipelajari?
























                                                                                                                                                     Pertanyaan  terakhir  ini  akan  melahirkan  peserta  didik  yang  cakap  dalam

























                                                                                                                                                     mengemukakan pendapat sehingga memiliki jiwa tanggungjawab.


























































































































































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Gambar 16. 5W + 1H dalam Melakukan Evaluasi













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  (Sumber: www.kumparan.com)




























                                                                                                                                                                   Berdasarkan  enam  langkah  tersebut  terlihat  bahwasanya  keterlibatan  siswa

























                                                                                                          dalam pembelajaran memang sangat dibutuhkan. Mengingat siswa yang terlibat adalah

























                                                                                                          siswa yang sudah turut serta dalam memperlancar proses belajar mengajar, buktinya
























                                                                                                          aktif dalam pembelajaran. Keaktifan siswa ini perlu didorong dan terus diberi motivasi







































                                                                   70                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86