Page 81 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 81
Hal ini sangat penting dipahami oleh peserta didik, sebab kadang manusia belajar
tentang sesuatu tetapi tidak tahu kapan ilmu tersebut dipakai.
• Siapa saja yang ahli atau menguasai ilmu tersebut?
Tujuannya agar peserta didik mampu memahami bagaimana kehidupan orang-
orang yang menguasai ilmu, sehingga peserta didik memperoleh gambaran akan
cita-cita, apakah menjadi birokrat, praktisi, pendidik, dan lain sebagianya yang
tentu akan menambah motivasi peserta didik tersebut.
• Mengapa ilmu tersebut perlu dipelajari oleh peserta didik?
Pertanyaan ini diberikan supaya peserta didik paham dan mengerti arti penting
mempelajari suatu pelajaran. Misalnya belajar matematika, supaya peserta didik
nantinya bisa menggunakan ilmu matematika ketika membantu orang tua membeli
makanan, dan sebagainya.
• Bagaimana tanggapan peserta didik terhadap kehidupan saat ini berdasarkan ilmu
yang telah dipelajari?
Pertanyaan terakhir ini akan melahirkan peserta didik yang cakap dalam
mengemukakan pendapat sehingga memiliki jiwa tanggungjawab.
Gambar 16. 5W + 1H dalam Melakukan Evaluasi
(Sumber: www.kumparan.com)
Berdasarkan enam langkah tersebut terlihat bahwasanya keterlibatan siswa
dalam pembelajaran memang sangat dibutuhkan. Mengingat siswa yang terlibat adalah
siswa yang sudah turut serta dalam memperlancar proses belajar mengajar, buktinya
aktif dalam pembelajaran. Keaktifan siswa ini perlu didorong dan terus diberi motivasi
70 Pendidikan Untuk Generasi Z