Page 79 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 79
memastikan siswa dapat menonton dengan baik, mendengar dengan baik dan diminta
untuk mencatat informasi penting yang didapatkan dari penayangan tersebut. Hasil dari
catatan siswa akan di rangkum dan kemudian guru akan mempersilakan siswa untuk
berbicara terkait materi yang ditonton. Akhirnya guru menyimpulkan dan memberikan
penjelasan yang dianggap perlu agar siswa dapat paham dengan baik. Selain itu, untuk
menyimpulkan sebenarnya guru juga bisa melibatkan siswa melalui metode diskusi
kembali. Hal ini sangat perlu untuk mengembalikan esensial pembelajaran berpusat dari
siswa.
3) Proses Follow-up
Proses selanjutnya adalah melakukan tindak lanjut. Ini sangat diperlukan untuk
memastikan pembelajaran menggunakan TIK sudah terlaksana dengan baik. Adapun
tindak lanjut yang dapat dilakukan adalah:
(a) Siswa diminta mencari contoh terkait teori atau topik yang dipelajari, kemudian
didokumentasikan berupa catatan, rancangan, foto, gambar, rekaman ataupun
video sehingga siswa dapat maksimal memahami topik yang dibahas sesuai dengan
kehidupan dilingkungannya.
(b) Siswa diberi tugas untuk melakukan riset atau observasi di lingkungannya
berdasarkan sumber-sumber belajar lain, misalnya dari media cetak, siaran TV,
browsing atau melakukan wawancara dengan orang-orang yang memahami topik
yang dibahas.
(c) Siswa diberi tugas yang dapat dikerjakan baik secara kelompok maupun individu
lalu disuruh untuk memberikan tanggapan terhadap kondisi yang terjadi.
Semua yang dilakukan diatas sangat diperlukan oleh siswa agar dapat
memperdalam pengetahuan yang sudah ada untuk berkomunikasi aktif baik lisan maupun
tulisan, mampu berkolaborasi dalam menghasilkan sesuatu, mengimplementasikan teori
yang diperoleh untuk diaplikasikan dalam lingkungan siswa, berfikir kritis akan topik
uang dibahas, dan terakhir dan terpenting akan melahirkan siswa yang mampu
68 Pendidikan Untuk Generasi Z