Page 79 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 79

memastikan siswa dapat menonton dengan baik, mendengar dengan baik dan diminta
























                                                                                                                                              untuk mencatat informasi penting yang didapatkan dari penayangan tersebut. Hasil dari

























                                                                                                                                              catatan siswa akan di rangkum dan kemudian guru akan mempersilakan siswa untuk

























                                                                                                                                              berbicara terkait materi yang ditonton. Akhirnya guru menyimpulkan dan memberikan
























                                                                                                                                              penjelasan yang dianggap perlu agar siswa dapat paham dengan baik. Selain itu, untuk

























                                                                                                                                              menyimpulkan  sebenarnya  guru  juga  bisa  melibatkan  siswa  melalui  metode  diskusi
























                                                                                                                                              kembali. Hal ini sangat perlu untuk mengembalikan esensial pembelajaran berpusat dari

























                                                                                                                                              siswa.

























                                                                                                          3) Proses Follow-up

























                                                                                                                                                                                                      Proses selanjutnya adalah melakukan tindak lanjut. Ini sangat diperlukan untuk
























                                                                                                                                              memastikan  pembelajaran  menggunakan  TIK  sudah  terlaksana  dengan  baik.  Adapun

























                                                                                                                                              tindak lanjut yang dapat dilakukan adalah:
























                                                                                                                                              (a)  Siswa diminta mencari contoh terkait teori atau topik yang dipelajari, kemudian

























                                                                                                                                                                                  didokumentasikan  berupa  catatan,  rancangan,  foto, gambar,  rekaman  ataupun

























                                                                                                                                                                                  video sehingga siswa dapat maksimal memahami topik yang dibahas sesuai dengan
























                                                                                                                                                                                  kehidupan dilingkungannya.

























                                                                                                                                              (b)  Siswa  diberi  tugas  untuk  melakukan  riset  atau  observasi  di  lingkungannya
























                                                                                                                                                                                  berdasarkan sumber-sumber belajar lain, misalnya dari media cetak, siaran TV,

























                                                                                                                                                                                  browsing atau melakukan wawancara dengan orang-orang yang memahami topik

























                                                                                                                                                                                  yang dibahas.
























                                                                                                                                              (c)  Siswa diberi tugas yang dapat dikerjakan baik secara kelompok maupun individu

























                                                                                                                                                                                  lalu disuruh untuk memberikan tanggapan terhadap kondisi yang terjadi.

























                                                                                                                                                                                                      Semua  yang  dilakukan  diatas  sangat  diperlukan  oleh  siswa  agar  dapat
























                                                                                                                                              memperdalam pengetahuan yang sudah ada untuk berkomunikasi aktif baik lisan maupun

























                                                                                                                                              tulisan, mampu berkolaborasi dalam menghasilkan sesuatu, mengimplementasikan teori
























                                                                                                                                              yang diperoleh untuk diaplikasikan dalam lingkungan siswa, berfikir kritis akan topik

























                                                                                                                                              uang  dibahas,  dan  terakhir  dan  terpenting  akan  melahirkan  siswa  yang  mampu




























































                                                               68                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Pendidikan Untuk Generasi Z
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84