Page 83 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 83
c) Pembelajaran Aneka Sumber
Pembelajaran yang memanfaatkan TIK baik terbatas maupun lengkap tetap harus
sudah memanfaatkan aneka sumber belajar. Hal ini penting, sebab pembelajaran dengan
aneka sumber tidak harus selalu berbasis TIK, tetapi dapat juga tanpa TIK. Pembelajaran
tanpa TIK dapat melibatkan alam, lingkungan, tokoh, panutan, sejarah dan lain-lain sebagai
sumber belajar. Apabila guru bisa memanfaatkan pembelajaran aneka sumber maka akan
terjadi perubahan dalam hal memandang sumber belajar. Perubahan itu mengenai
pembelajaran sebagai suatu proses alami, proses sosial, proses aktif dan pasif, proses
linear dan atau tidak linear, proses yang berlangsung integratif dan kontekstual, aktivitas
yang berbasis pada model kekuatan, kecakapan, minat, dan kulktur siswa, dan terakhir
aktivitas yang dinilai berdasarkan pemenuhan tugas, perolehan hasil, dan pemecahan
masalah nyata baik individual maupun kelompok. Jika ini betul-betul dilaksanakan maka
peran guru dan siswa berubah total. Dahulu kita mengenal guru sebagai sumber segala
jawaban, sumber informasi, seorang ahli, dan berbagai penamaan lainnya, akan berubah
menjadi seorang fasilitator pembelajaran, pelatih, navigator pengetahuan, mitra belajar dan
kolaborator yang akan mengendalikan dan mengarahkan semua proses belajar mengajar
yang terjadi lebih berpusat kepada siswa. Sehingga siswa diberikan tanggungjawab dan
alternative untuk berkrativitas selama proses pembelajaran.
Jika hal ini terjadi, maka peran siswa dalam pembelajaran telah mengalami
perubahan dalam bentuk: 1) dari pembelajaran sebagai aktivitas individual (soliter) menjadi
pembelajaran berkolaboratif dengan siswa lain, 2) dari mengungkapkan kembali
pengetahuan menjadi menghasilkan dan berbagai pengetahuan, dan 3) dari penerima
informasi yang pasif menjadi partisipan aktif dalam proses pembelajaran. Seorang peserta
didik atau siswa harus memiliki kreativitas dan kemandirian belajar, karena akan penting
dalam hal memberikan peluang bagi individu untuk mengaktualisasikan dirinya dan juga
kreativitas itu memungkinkan siswa dapat menemukan berbagai alternatif dalam
pemecahan masalah. Selain itu, kreativitas dapat memberikan kepuasan hidup bagi peserta
72 Pendidikan Untuk Generasi Z