Page 87 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 87
pertimbangan. Hasil studi ASTD antara lain menyebutkan beberapa faktor yang berpengaruh
secara signifikan terhadap keberhasilan sebuah sistem, mencakupperbedaan persepsi akan
sistem, dukungan jangka pendek, perbedaan budaya dan jenis kelamin, kesenjangan
generasi, pengetahuan dan kompetensi karyawan (ASTD, 2021). Studi ini juga memberikan
beberapa saran yang dapat di implementasikan pada pendidikan 3T, antara lain;
1) Pastikan staf lokal memiliki kompetensi yang memadai.
2) Buat program menjadi sederhana dan tidak rumit.
3) Tingkatkan kemampuan dan keterampilan staff.
4) Segera komunikasikan segala masalah yang timbul.
5) Lakukan riset untuk perbaikan.
Setelah melakukan analisis terhadap kebijakan diatas, maka selanjutnya perhatikan
potensi penerapan TIK dalam pendidikan, kondisi nyata didaerah 3T dan pengalaman-
pengalaman negara lain serta rekomendasinya, hendaklah dikembangkan berdasarkan
prinsip-prinsip berikut ini; a) empowering (pemberdayaan), b) button up (tumbuh dari
bawah), c) sustainability (keberlangsungan), d) pendekatan pembelajaran modern, dan e)
partnership (kemitraan). Lima prinsip inilah nantinya akan dijelaskan.
empowering
sustainability button up
pendekatan
pembelajaran partnership
modern
Gambar 18. Prinsip-prinsip Perancangan TIK untuk Daerah 3T
Empowering (pemberdayaan)
Pemberdayaan merupakan prinsip pertama dalam merancang TIK untuk pendidikan
daerah 3T. Dalam pemberdayaan ini harus melihat potensi yang dimiliki oleh daerah
76 Pendidikan Untuk Generasi Z